Advertise here

Tuesday, June 25, 2019

Bisnis Properti

Salah satu jenis usaha yang paling banyak dilirik sebagian besar investor adalah bisnis properti. Banyak perencana keuangan dan investor kelas atas yang menyarankan bagi investor pemula untuk memulai investasi di bidang properti.

Alasannya karena investasi dalam sektor properti cenderungaman, tak pernah ada istilah rugi, barang bersifat tetap sehingga mempunyai peluang yang sangat besar untuk menguntungkan.

Selain menguntungkan, bisnis properti juga bisa membuat orang menjadi kaya mendadak. Seperti halnya dialami oleh kerabat dan rekan penulis.

Pertama, dialami oleh Ummi yang membeli sebuah rumah di daerah Padalarang, Cimahi. Lokasi rumahnya berdekatan dengan rel kereta api. Harga beli rumah sebesar Rp 100 juta.

Setelah ia menetap di sana dalam kurun waktu 10 tahun, kemudian pihak Perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) hendak mengadakan perluasan rel kereta api. Rumah Ummi terkena gusuran.

Kemudian oleh pihak perusahaan Kereta Api Indonesia, rumah Ummi tersebut dibeli seharga Rp 2 milyar.

Kedua, dialami oleh rekan penulis bernama Abah. Ia membeli satu hektar sawah di daerah Majalengka seharga Rp 200 juta.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, sawah milik Abah tersebut terkena gusuran bandara Kertajati. Beliau mendapatkan ganti rugi sebesar Rp 1 milyar.

Dari dua kejadian di atas terlihat dengan jelas bahwa investasi properti cukup mudah. Yang perlu adalah kesabaran dalam menunggu harga yang akan kian mahal.

Keuntungan Bisnis Properti

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, berikut ini secara garis besar keuntungan usaha investasi properti yang perlu Anda ketahui.

1. Nyaris tanpa modal

Anda bisa terjun dalam usaha properti yang menguntungkan tanpa modal. Salah satu caranya menjadi makelar.

Misalkan ada rumah yang hendak dijual, maka Anda bisa menawarkan diri sebagai makelar untukmencari atau mendatangkan konsumen.

Namun sebelumnya diadakan perjanjian kerjasama. Jika Anda bisa mendatangkan konsumen dan sampai terjadi penjualan rumah, maka Anda berhak mendapatkan komisi sebesar dua persen.

Cara ini sangat mudah dan cocok bagi pemula yang ingin terjun dalam usaha bidang properti yang menjanjikan.

2. Keuntungan besar

Keuntungan atau laba dalam usaha properti sangat menggiurkan. Keuntungan bukan hanya ratusan ribu. Tapi sudah bisa mencapai puluhan juta rupiah sampai miliaran rupiah.

Mengingat harga rumah saat ini sangat mahal. Terutama di daerah perkotaan yang bisa mencapai milyaran rupiah.

Jika anda mengambil untung sedikit saja, maka untungnya bisa ratusan juta rupiah.

Misalnya, Anda membeli sebuah tanah di kota sebesar Rp 100 juta maka lima tahun kemudian tanah tersebut bisa dijual seharga Rp 200 juta. Maka keuntungan bersih sobat sebesar Rp 100 juta dalam jangka lima tahun.

Bagaimana lumayan kan ketimbang uang menganggur di bank?

Contoh Usaha Bidang Properti Tanpa Modal

Jika tertarik untuk terjun dalam bisnis ini, berikut ini beberapa contoh bisnis di bidang properti tanpa modal yang bisa Anda coba.

1. Makelar tanah

Inilah usaha dalam bidang properti yang tidak membutuhkan modal besar. Jenis bisnis properti ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal. Dalam arti modal usaha yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Yang penting adalah mempunyai relasi, handphone dan alat transportasi. Minimal sepeda motor. Sesuai dengan namanya makelar, tugasnya menjadi perantara antara penjual dengan pembeli properti.

Sebagai seorang makelar properti, maka tugas utama Anda adalah mencari konsumen. Setelah penjualan properti terjadi, maka Anda akan mendapatkan imbalan yang telah disepakati atas jerih payah yang Anda lakukan.

Umumnya komisi sebesar 2 persen. Atau bisa juga Anda menentukan sendiri…

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh makelar properti untuk mencari konsumen bagi rumah yang hendak dijual.

Salah satunya Anda bisa mendatangi berbagai perumahan. Kemudian untuk mendapatkan konsumen, Anda mengiklankan properti yang akan dijual.

Bisa melalui media surat kabar lokal atau nasional, memasang iklan di website, menawarkan properti di marketplace, forum, maupun melalui blog dengan menggunakan teknik SEO.

2. Agen properti

Bisnis properti selanjutnya yang dapat sobat lakukan tanpa modal yakni agen properti. Usaha ini memudahkan untuk pembeli atau orang yang hendak menjual rumah.

Tugas Anda sama seperti makelar tanah atau rumah pada umumnya. Namun ini lebih resmi dan mempunyai izin serta kantor resmi.

Untuk memperoleh izin jadi agen properti maka Anda dapat mengurus pembuatan surat izin agen properti tersebut kepada pemerintahan daerah dengan menyertakan beberapa dokumen. Diantaranya surat izin penduduk sekitar, surat izin RT/RW, Surat Izin Tempat Usaha (SITU).

Langkah berikutnya setelah surat izin agen properti diperoleh adalah membuat kantor resmi. Pastikan kantor agen properti berada di daerah strategis. Dengan dilengkapi beberapa ruangan, seperti ruangan tamu dan ruangan administrasi.

Sediakan pula rak arsip, kursi, meja, dan lain-lain yang membuat kesan kantor agen properti Anda sangat profesional.

Jika ada klien yang hendak menjual propertinya maka Anda bisa melayani secara baik sesuai prosedur yang berlaku. Seperti mengisi formulir yang sudah ditentukan.

Selanjutnya Anda bersama tim melakukan survey ke lokasi tersebut. Keuntungan agen properti jika rumah tersebut terjual sebesar 20 persen.

Demikianlah jenis usaha di bidang properti yang sudah terbukti menguntungkan. Sebenarnya masih ada macam bisnis properti lainnya seperti bisnis homestay maupun menyewakan properti secara kecil-kecilan.