Advertise here

Sunday, January 06, 2019

Usaha sampingan karywan pabrik bisa dicoba untuk membantu menambah penghasilan. Karena rata-rata karyawan pabrik memiliki gaji yang pas-pasan dan membuat mereka mengalami kesulitan finansial. Gaji akan terasa sedikit ketika sudah memasuki fase dalam hidup seperti pernikahan, memiliki anak, dan menyekolahkan anak. Sebagai solusi, anda bisa mencoba usaha sampingan.
Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Sumber: pixabay.com

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan pabrik

1. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha pembuatan kerajinan tangan sangat cocok untuk ditekuni di sela-sela waktu luang sebagai karyawan pabrik. Setelah mendapatkan beberapa pelanggan atau pesanan, barulah anda bisa merekrut karyawan untuk anda ajarkan dan kemudian membantu pekerjaan pembuatan kerajinan. Bisa dengan sistem gaji ataupun bagi hasil. Anda bisa memsarkannya di marketplace dalam negeri seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

2. Usaha Online Shop

Usaha sampingan berikutnya yaitu berjualan dengan sistem online. Dengan melakukan usaha ini, anda bisa bebas dan tidak terikat dengan waktu dan tempat kerja. Anda bebas untuk menjalankan bisnis ini kapanpun dan dimanapun. Manfaatkanlah supplier yang menyediakan harga murah seperti di grosir-grosir lalu anda jual kembali di marketplace dengan melakukan markup harga. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk membantu mempromosikannya.

3. Usaha Snack dan Makanan Ringan

Snack makanan ringan menjadi ide bisnis yang cukup strategis dan merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa ataupun di kota. Ada banyak kisah sukses yang bermula dari usaha makanan ringan seperti Maicih, Makaroni Ngehe, dan Karuhun.

Berikanlah ide cemerlang anda dalam camilan yang ingin dibuat agar bisa menarik konsumen supaya tertarik untuk membelinya. Anda bisa menjual makanan ringan di pasar-pasar atau dengan memanfaatkan sistem reseller guna meningkatkan presentase penjualan.

4. Usaha Menulis Buku

Jika anda suka menulis buku dan memiliki banyak pengetahuan terkait hal-hal yang diperlukan banyak orang, cobalah untuk memanfaatkannya dengan melakukan usaha sampingan sebagai penulis. Baik itu buku fisik maupun ebook. Manfaatkanlah imajinasi anda dengan membat karya fiksi dan cobalah ciptakan franchise baru seperti Lord of King, Harry Potter, dan Hunger Game. Atau jika anda punya pengalaman hidup yang menarik, juga bisa mencoba membuat cerita non-fiksi.

5. Usaha Jualan Bubur Ayam

Usaha jualan bubur ayam bisa menjadi opsi bagi anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil, bahkan cukup dengan Rp1 juta. Selain modal yang diperlukan tidak terlalu besar, bubur ayam juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dengan menjual bubur di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya di pagi hari, sebelum shift kerja, atau malam hari ketika shift kerja telah selesai.

6. Usaha Jasa Fotografi

Jika anda suka mengabadikan setiap momen ke dalam lensa kamera, maka jasa fotografi bisa menjadi alternatif usaha sampingan sebagai seorang karyawan. Usaha ini bisa dijadikan sampingan karena waktunya hanya ketika acara-acara tertentu saja.

Anda bisa melakukannya ketika hari libur atau sepulang kerja. Jasa ini memiliki pasar yang cukup besar karena banyak sekali acara seperti pesta pernikahan yang membutuhkan jasa fotografi professional.

8. Usaha Katering

Jasa katering harian untuk karyawan semakin berkembang seiring sibuknya kehidupan di perkotaan dan mahalnya harga dan biaya makan di luar. Katering pun bisa dijadikan usaha sampingan seorang karyawan karena anda bisa memasak makanan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Potensi yang besar, modal yang kecil, pasar yang luas merupakan beberapa daya tarik yang ada pada usaha katering. Modal utama yang anda perlukan ialah memiliki dapur sendiri sebagai tempat produksi.

Itulah beberapa usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan, semoga bermanfaat.