Advertise here

Sunday, January 27, 2019

Peluang usaha rumahan di desa ada banyak jenisnya, dan tidak semuanya harus memerlukan modal besar. Karena lokasinya berada di rumah, jadi Anda juga bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan. Ada banyak alternatif pilihan bagi warga desa dalam memilih usaha yang cocok untuk dijalani. Berikut adalah beberapa diantaranya yang bisa Anda coba.
Peluang usaha rumahan di desa
Sumber: www.pertanianku.com

Peluang Bisnis di Desa untuk Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

1. Berkebun Kelapa

Kelapa sudah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat mulai dari akar, buah, batang, daun, hingga buahnya. Melakukan budidaya pekarangan di rumah tentu bisa menjadi pilihan bagi warga desa yang umumnya memiliki rumah dengan pekarangan luas. Tidak perlu menanam kelapa dalam jumlah banyak, cukup dengan 2 – 3 batang saja, Anda sudah bisa mendapatkan hasil panen yang lumayan melimpah.

2. Budidaya Perikanan

Rata-rata rumah di desa memiliki pekarangan yang luas. Dengan mempertimbangkan hal ini, Anda bisa memanfaatkannya menjadi peluas usaha. Salah satunya yaitu membuat usaha budidaya perikanan seperti ikan lele, nila, mas, atau gurame. Harganya cukup ekonomis dan memiliki keuntungan yang besar. Untuk urusan pemasaran, Anda bisa menawarkannya ke tetangga, warga kampung, atau menjualnya ke pasar tradisional.

3. Budidaya Tanaman Sayuran

Peluang usaha di desa yang lain yaitu budidaya tanaman sayur. Seperti yang Anda tahu, pedesaan umumnya memiliki tanah yang subur dan cocok untuk ditanami berbagai jenis sayuran. Pilihlah tanaman sayur berumur pendek yang bisa dipanen dalam waktu hanya beberapa bulan saja, seperti kangkung, sawi, dan bayam. Anda bisa menitipkan sayuran hasil panen ke warung sayuran atau menjualnya dengan cara berkeliling kampung.

4. Beternak Ayam Petelur

Kebutuhan telur terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini bisa Anda jadikan peluang untuk membuat usaha ayam petelur. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang dimiliki, Anda bisa memulai usaha ayam petelur. Hasil telur yang dipanen bisa Anda pasarkan melalui berbagai cara, misalnya dengan menawarkannya ke tetangga, warga masyarakat, atau mengirimkannya ke pasar-pasar di luar kota.

5. Usaha Ayam Potong

Selain ayam petelur, ayam potong juga bisa dijadikan peluang bisnis yang tidak kalah menjanjikan. Dengan lingkungan yang cocok seperti di pedesaan, ayam akan lebih mudah berkembang biak. Cukup banyak pengusaha yang membuat peternakan ayam potong dengan skala besar di desa. Keuntungan yang besar serta pengolahan yang mudah merupakan beberapa daya tarik dari bisnis ayam potong.

6. Peternakan Kambing

Selain beternak ayam, kambing juga bisa menjadi alternatif hewan peliharaan yang cocok untuk diternakkan. Hewan berkaki empat yang dagingnya sering digunakan dalam acara aqiqah ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Membuka peternakan kambing tentu bisa dipilih terutama bagi Anda yang berada di lingkungan pedesaan. Karena jika dilakukan di desa akan lebih mudah dalam pengawasan dan ketersediaan pakan.

7. Budidaya Kroto

Kroto merupakan telur semut rangrang yang menjadi salah satu sumber makanan burung kicau. Harga kroto di pasaran terbilang cukup mahal. Itulah sebabnya banyak orang yang tertarik untuk menekuni usaha budidaya kroto. Permintaan kroto dipasaran pun juga sangat tinggi sehingga membuat bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar. Selain itu, melakukan budidaya kroto juga relatif mudah, bahkan bagi Anda yang memiliki kesibukan sekalipun. Sehingga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

8. Penangkaran Burung Kicau

Bisnis lain yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di desa adalah penangkaran burung kicau. Usaha ini cukup banyak diminati karena kolektor burung kicau kebanyakan berasal dari masyarakat menengah ke atas. Sehingga membuat nilai ekonominya sangatlah tinggi. Anda bisa mencoba bisnis penangkaran berbagai burung kicau seperti lovebird, murai, kacer, dan lain-lain.

Itulah beberapa contoh peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba untuk lakuka. Semoga bermanfaat!