Advertise here

Saturday, December 22, 2018

Usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa ada beragam jenisnya. Sehingga tinggal di desa bukan berarti membuat Anda tidak memiliki kesempatan untuk menjadi pengusaha sukses. Usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah bisa menjadi pilihan tepat bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis.
Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa
Sumber: bisnishebatbunda.com

Macam-macam Peluang Usaha Rumahan di Desa

Berikut adalah beberapa macam bisnis rumahan yang bisa dipilih dan cocok untuk Anda yang tinggal di pedesaan.

1. Jual Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik merupakan bisnis yang fleksibel dan risikonya sangat kecil. Selain itu, modal yang diperlukan juga sangat minim. Berbagai kalangan orang bisa mencoba bisnis jualan pulsa mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan tidak terkecuali ibu rumah tangga di desa.

Selain mudah dilakukan, usaha jualan pulsa juga tidak terlalu menyita banyak waktu. Peluang dan target pelanggannya pun cukup luas, mulai dari tetangga, saudara, hingga warga desa.

2. Jual Nasi Uduk

Nasi uduk sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia dan sering disajikan sebagai menu sarapan pagi. Oleh sebab itu, berjualan nasi uduk merupakan salah satu usaha sampingan terbaik yang bisa Anda coba di desa.

Buatlah masakan yang lezat agar pelanggan merasa ketagihan dengan nasi uduk yang Anda jual. Sehingga setiap harinya akan terus ada pembeli yang berdatangan, baik itu yang berasal dari pelanggan tetap maupun dari pelanggan baru.

3. Jasa Jahit

Usaha sampingan yang menguntungkan lainnya adalah membuka jasa jahit. Cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit atau pernah mengikuti kursus menjahit.

Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, namun usaha ini memiliki potensi yang sangat besar. Anda bisa mulai menawarkannya ke orang-orang yang berada di sekitar Anda terlebih dahulu seperti tetangga, teman, atau masyarakat di sekitar desa.

4. Membuat Kue

Selain bisa dijadikan hobi yang menyenangkan, membuat kue juga bisa dijadikan usaha yang menguntungkan. Anda bisa menerima pesanan kue untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, seminar, dan lain sebagainya.

Untuk memulai usaha ini juga moda yang diperlukan tidak terlalu banyak karena bahan baku untuk pembuatannya bisa didapat di pasar tradisional dengan harga yang lumayan murah. Anda juga bisa menyetok kue lalu memasarkannya ke berbagai toko kue.

5. Usaha Katering

Katering merupakan bisnis kuliner dengan prospek yang cukup besar. Sementara itu, di desa masih sedikit persaingan orang-orang yang membuka jasa katering sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menggelutinya.

Anda bisa memulai usaha katering dengan menerima pesanan makanan untuk beragam jenis acara seperti pengajian, aqiqah, syukuran, dan lain sebagainya. Jika Anda mampu membuat masakan yang enak, pastinya pelanggan akan puas dan semakin banyak orang yang tertarik.

6. Bisnis Online

Siapa bilang bisnis online hanya untuk waga perkotaan saja? Anda yang tinggal di desa pun juga bisa memulai bisnis online, Bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Ibu rumah tangga yang memiliki perangkat komputer ataupun laptop bisa memanfaatkannya untuk mencari uang lewat internet. Misalnya dengan menjual kerajinan di desa secara online, menjadi penulis artikel, affiliate, dan bisnis-bisnis online lain yang bisa dipilih sesuai passionnya masing-masing.

7. Membuka Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan ide usaha yang paling tepat untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga. Karena toko kelontong menjual barang yang menjadi kebutuhan pokok, maka tidak mungkin dalam sehari tidak ada pembeli yang datang. Biasanya toko seperti ini akan diserbu oleh tetangga dan warga-warga di sekitar Anda. Beragam barang bisa coba Anda jua seperti sembako, bumbu, sayuran, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Itulah rekomendasi 7 usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa, semoga bisa menjadi refrensi dan inspirasi Anda dalam memulai bisnis.