Advertise here

Friday, November 02, 2018

Bisnis usaha semakin dilirik orang saat ini, khusunya bisnis yang hanya bermodalkan biaya yang kecil. Salah satu bisnis modal kecil yang saat ini sangat menggiurkan yakni bisnis warung sembako. Selain itu, bisnis warung sembako semakin laris digeluti para pencari usaha yang pintar dan serius untuk menekuninya. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia saat ini.

Semakin banyaknya penduduk ini berarti permintaan akan kebutuhan sembako meningkat pesat. Oleh karena itu, tentulah menjadi suatu hal wajar apabila kalian ingin menjajal bisnis yang satu ini. Kalian dapat menyimak artikel ini untuk mendapatkan informasi terkait bisnis warung sembako, bagaimana cara memulainya, apa saja persiapannya, modal yang dibutuhkan, dan teknik menggait konsumen. Berikut ini ulasan mengenai teknik bisnis warung sembako yang menjanjikan.
Warung Sembako
Sumber: bisnisukm.com

Teknik Menjalankan Bisnis Warung Sembako

1. Persiapan Awal
Untuk persiapan awal bisnis ini, carilah lokasi yang strategis untuk penempatan toko. Langkah ini sangatlah penting sehingga kalian perlu berhati- hati dan memikirkannya dengan matang. Banyak warung sembako yang gulung tikar hanya karena salah dalam pemilihan lokasi penjualan. Carilah lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Dengan demikian, toko kalian akan cepat terkenal dan menarik lebih banyak pembeli dari lokasi yang lain.

Selain itu, carilah tempat yang belum dikuasai oleh pemilik warung sembako yang lain. Hal ini dikarenakan kebanyakan pembeli di sekitar itu telah berlangganan di warung yang lebih dulu singgah daripada kalian. Usahakan mencari lokasi yang diprediksi akan ramai nantinya, seperti calon perumahan, calon taman, dan lainnya.

Selain itu, modal untuk bisnis warung sembako ini tidaklah banyak. Warung sembako modal 5 juta sudah termasuk cukup untuk bersaing dengan pengusaha lainnya. Namun apabila kalian merasa 5 juta itu terlalu banyak, maka tabunglah dari sekarang karena sangatlah rugi apabila kalian menunda- nunda waktu lebih lama untuk memulai bisnis yang bergantung pada faktor usia ini. Semakin lama usia warung sembako kalian, maka semakin banyak pembeli yang berlangganan disana, dan itu artinya bisnis kalian akan berkembang pesat.

Kemudian, untuk kalian yang memiliki rumah yang berada di sekitar kawasan padat penduduk atau pinggir jalan, kalian dapat menggunakan ruang kosong rumah kalian sebagai toko warung sembako kalian. Hal ini akan lebih efektif karena kalian bisa standby di warung kalian sendiri 24 jam penuh. Selain itu, kalian dapat menjalankan bisnis ini dengan mudah dan santai karena dapat dilakukan sambal beraktivitas seperti biasanya di rumah.

2. Perlengkapan dan Peralatan Toko
Sebagai warung sembako, maka peralatan seperti meja atau rak adalah suatu kewajiban untuk menjalankan bisnis kalian. Tidak perlu yang mewah- mewah, kalian dapat membeli peralatan tersebut di tempat penjualan barang bekas yang masih berkualitas. Di sisi lain, kalian juga dapat menggunakan peralatan rumah yang tidak terpakai sebagai pengganti seperti meja, rak buku, dan semacamnya. Jadilah pengusaha yang kreatif dan inovatif untuk maju dan bersaing dengan pebisnis lainnya.

Kemudian, terdapat beberapa barang penting yang wajib untuk disediakan oleh kalian para pebisnis warung sembako yakni timbangan, tempat beras, alat ukur minyak, dan lainnya. Kalian juga dapat membeli peratalan tersebut berupa barang bekas dari orang lain atau situs barang bekas online.

3. Barang Sembako Dagangan
Dikarenakan modal yang minim, pemilihan barang sembako yang akan kalian jual haruslah dipikirkan secara matang. Carilah barang dagang yang sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Lakukan observasi lebih lanjut untuk memastikan barang dagang yang paling banyak dicari masyarakat. Selain itu, carilah barang dagang sembako yang memiliki perputaran uang yang cepat sehingga pendapatan kalian sebagai pengusaha baru dapat berjalan lancar.

Di samping itu, carilah produk sembako yang telah terkenal dan telah disukai oleh masyarakat ketimbang barang baru yang masih belum jelas kualitasnnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian dalam bisnis ini.

Beberapa jenis barang sembako yang paling diminati masyarakat adalah beras, mie instan, telor ayam, minyak goreng, tepung terigu, garam, gula, teh, kopi, sabun cuci, sabun mandi, shampoo, jajanan anak- anak, pasta gigi, bumbu masakan, dan lainnya. Yang terakhir, kalian tidak harus membeli persediaan dagang dalam jumlah banyak, karena sebagai warung sembako yang baru buka, pelanggan yang berkunjung masih tergolong sedikit.

4. Buatlah Warung Sembako Kalian Lebih Terkenal
Persaingan yang ketat antar warung sembako akan membuat kalian kesulitan dalam bisnis usaha yang satu ini. Oleh karena itu, teknik promosi kalian akan menentukan kesuksesan usaha warung sembako ini. Carilah teknik pemasaran yang unik dan kreatif sehingga kalian unggul dalam lokasi dan daerah kalian. Selain itu, promosi secara sederhana dan kreatif akan memikat lebih banyak calon pembeli warung kalian.

Gunakanlah bantuan keluarga dan teman- teman kalian untuk membantu mempromosikan warung sembako kalian. Minta mereka untuk merekomendasikan orang- orang untuk mencoba menjajali warung sembako baru bisnis kalian.

5. Sambutan Kepada Pembeli
Sambutan kepada para pembeli sangatlah penting untuk permulaan dan ciri khas warung sembako kalian. Dengan senyum yang ramah dan sikap yang santun, pembeli akan datang kembali mengunjungi warung sembako kalian. Jika setiap pelanggan baru tertarik dan terpancing dengan pesona pelayanan kalian, maka tidak butuh waktu lama untuk menggait banyak konsumen tetap.
Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta
Sumber: www.pojokbisnis.com

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Warung Sembako

Setiap bidang bisnis selalu mempunyai sisi lebih dan kurang. Tidak terkecuali dengan bisnis toko sembako. Setelah dianalisis, ternyata jenis bisnis ini mempunya kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memulai usaha ini.

Kelebihan Bisnis Warung Sembako

1. Dicari Banyak Orang
Warung sembako adalah bisnis usaha yang memiliki banyak pelanggan dalam waktu cepat. Bisnis ini memiliki target pasar yang cukup luas tergantung lokasi kalian menempatkan warung sembako kalian. Dengan pemasaran yang tepat dan pemilihan lokasi yang strategis akan membuat bisnis warung sembako kalian lancar dan sukses.

Di samping itu, bisnis sembako tidak memiliki faktor pemhambat seperti musim atau keadaan tertentu yang menurunkan jumlah pengunjung. Jadi tunggu apalagi? Bisnis ini akan menjadi suatu penghasilan tetap untuk keluarga kalian.

2. Dapat Dilakukan Di Rumah
Bisnis ini dapat dilakukan di rumah apabila lokasi rumah kalian tergolong padat penduduk dan strategis. Dengan begitu, bisnis ini dapat dilakukan di rumah sebagai bisnis sampingan keluarga yang cukup menjanjikan.

3. Mempererat Tali Persaudaraan Antar Tetangga
Hal ini merupakan suatu kelebihan yang secara tidak langsung tercipta antara kalian dan tetangga kalian sebagai pembeli tetap. Dengan adanya bisnis warung sembako ini, hubungan keluarga kalian dengan orang dekat akan semakin erat dan terjalin lebih bersahabat.

Kekurangan Bisnis Warung Sembako

1. Kenaikan dan Penurunan Harga Sembako Oleh Pemerintah
Kekurangan ini tidak dapat kalian hindari sebagai pengusaha bisnis warung sembako. Oleh karena itu, teruslah update mengenai harga pasaran yang ditetapkan pemerintah dan beradaptasi dengannya. Barang sembako yang seringkali mengalami kenaikan ataupun penurunan harga adalah minyak, telur, dan beras. Barang-barang ini akan seringkali menyusahkan kalian dalam mengatur harga dan pendapatan, seperti ketika sembako tersebut kalian beli dengan harga mahal ternyata harga jualnya menurun di keesokan harinya. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian kalian sebagai pengusaha baru warung sembako.

2. Saingan Yang Banyak
Bisnis yang satu ini memiliki banyak saingan karena memanglah tergolong sebagai bisnis yang simpel dan menjanjikan. Bahkan, satu perumahan kecil saja dapat memiliki 2 atau 3 pengusaha bisnis warung sembako. Mulai dari warung sembako kecil-kecilan, hingga warung sembako besar yang menjadi distributor para warung sembako lainnya.
Toko Sembako Sederhana
Sumber: usaha-sembako.blogspot.com

Tips Pemasaran Bisnis Usaha Warung Sembako

1. Promo Banner Spanduk
Teknik ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung warung sembako kalian. Dengan adanya spanduk ini, warung kalian akan terlihat lebih meyakinkan dan serius dalam menyediakan barang- barang sembako. Masyarakat sekitar akan lebih memilih warung yang lebih meyakinkan seperti milik kalian ketimbang warung lainnya yang terlihat kumuh dan kurang niat. Selain itu, carilah desainer spanduk yang ternama dan kreatif untuk membantu mendesain spanduk dan banner kalian. Dengan begitu, kalian akan dapat mengubah warung sembako sederhana kalian menjadi lebih berkelas dan bersaing dengan warung besar lainnya.

2. Pengaturan Harga Untuk Persaingan
Dengan melakukan sedikit pengurangan harga pada barang dagang tertentu akan mengubah skala peningkatan pengunjung warung kalian. Orang akan berfikir dan menanamkan mindset mereka tentang warung kalian bahwa warung tersebut adalah “warung yang termurah disekitar sini”. Dengan adanya mindset tersebut, maka orang yang berpikiran itu akan mengajak orang sekitarnya untuk lebih memilih dan merekomendasikan warung sembako kalian daripada warung yang lain. Oleh karena itu, jangan meremehkan teknik pengurangan harga meski hanya beberapa ratus rupiah di barang dagang kalian, karena itu akan menarik banyak pembeli baru dan tentunya malah memberikan keuntungan yang lebih.

3. Produk Yang Lengkap Berkualitas dan Merk Yang Terkenal
Pemilihan produk juga menjadi salah satu pemikat datangnya para pengunjung ke warung sembako bikinan kalian. Beberapa pengunjung mungkin akan terkesima dengan banyak dan lengkapnya jenis barang dagangan kalian, dan tentunya hal ini akan menciptakan mindset untuk berkunjung kembali. Selain itu, pilihlah setiap jenis barang dagangan kalian dengan produk yang telah terkenal dan berkualitas, karena kebanyakan pembeli lebih mengingat nama produk atau merk barang belian mereka.

4. Pelayanan Yang Terbaik
Kembali lagi ke faktor kenyamanan pelanggan. Pelayanan dari kalian akan menentukan seberapa profesional kalian dalam menjalankan bisnis ini. Memberikan senyuman dan salam kepada setiap pelanggan yang datang akan sangat berpengaruh terhadap mood pelanggan tersebut untuk datang kembali. Terlebih lagi, apabila kalian mempekerjakan pelayan yang memiliki penampilan yang menarik. Hal ini akan memberikan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan. Ajarilah karyawan kalian bersikap sopan santun dan ramah untuk memikat pembeli berkunjung kembali ke warug sembako kalian.

Demikianlah artikel mengenai tips memulai usaha warung sembako yang menjanjikan. Untuk menjadi pengusaha yang sukses, berusahalah untuk selalu belajar dan mengamati setiap kesalahan dalam bisnis kalian. Jangan menyerah hanya karena hasil yang belum maksimal dan pelanggan yang tak kunjung datang, karena mungkin saja kesuksesan kalian akan datang tak lama setelah perjuangan yang begitu besar.