Advertise here

Saturday, November 24, 2018

Usaha sampingan di desa ataupun di kota pada dasarnya tidak jauh berbeda. Yang paling penting dan paling dibutuhkan supaya bisnis bisa berjalan lancar adalah kerja keras. Apabila Anda tinggal di daerah pedesaan dan ingin memulai usaha sampingan, tidak perlu bingung dalam menentukan jenis usaha apa yang akan digeluti.
Usaha Sampingan di Desa
Sumber: bebasbaca.com

Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan di Desa

Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang cocok dilakukan di desa dan bisa Anda coba.

1. Toko Kelontong

Di desa biasanya sangat jerang ditemukan toko kelontong yang menyediakan semua kebutuhan secara lengkap. Toko kelontong bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk memulai usaha sekaligus membantu kebutuhan masyarakat desa dalam memfasilitsi kebutuhan sehari-harinya. Usaha ini relatif mudah untuk dilakukan dan bisa menjadi pilihan sebagai usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa.

2. Usaha Menjahit

Memiliki hobi atau keterampilan menjahit merupakan suatu hal yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan di desa. Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena jika usaha jahit yang Anda jalani sudah berkembang besar, maka bisa menambah karyawan sehingga Anda hanya perlu fokus ke bagian manajemen dan pengembangan bisnis.

3. Jual Pulsa

Pengguna ponsel di pedesaan jumlahnya sudah sangat besar, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Setiap pengguna ponsel tentunya wajib memeliki pulsa supaya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Oleh karena itu, peluang usaha jualan pulsa di desa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan untuk ditekuni. Selain modal yang diperlukan kecil, usaha ini juga praktis untuk dilakukan.

4. Bisnis Makanan Khas Setempat

Biasanya di desa banyak kebun-kebun yang ditanami tanaman tertentu seperti pepaya, pisang, salak dll. Untuk menghasilkan pendapatan tambahan, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut menjadi usaha sampingan. Caranya dengan mengolahnya menjadi makanan khas seperti keripik pisang, manisan, dll. Cobalah pasarkan makanan yang Anda buat tersebut melalui berbagai sosial media yang ada saat ini.

5. Pom Bensin Mini

Di pedesaan, kini sudah banyak warga yang menggunakan kendaraan dengan bahan bakar bensin. Tapi biasanya masyarakat yang tinggal di desa kesulitan mendapatkan BBM karena belum adanya pom bensin. Itulah kenapa membuat usaha sampingan pom bensin mini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memulai usaha di desa.

6. Jual Perabotan Rumah Tangga

Kendala yang banyak dialami oleh ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan yaitu sulit mendapatkan kebutuhan perabot rumah tangga seperti alat-alat dapur, lemari, kasur, dan barang-barang elektronik. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka toko penjualan perabot rumah tangga. Meski modal yang dibutuhkan lumayan besar, namun target pasar masih luas dan persaingannya cukup mudah.

7. Pengepul hasil Panen

Bertani merupakan pekerjaan mayoritas yang dilakukan oleh warga desa. Ketika masa panen tiba, maka akan da banyak hasil panen yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Anda bisa membuka usaha pengepul hasil panen dari para petani, seperti padi, pisang, jagung, dan kentang. Peluang ini cukup potensial karena Anda bisa menjadi distributor untuk menyalurkannya dari petani ke pasar-pasar lokal.

8. Beternak

Selain menjadi petani ataupun menjadi pengepul hasil panen petani, warga pedesaan juga bisa membuka usaha sampingan berupa peternakan seperti ayam, kambing, sapi, dll. Dengan masih terjaganya alam, tentu persediaan pakan untuk hewan-hewan ini masih mudah didapatkan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kendala yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, beternak menjadi salah satu usaha sampingan di desa yang menguntungkan.