Advertise here

Wednesday, November 14, 2018

Bingung memilih jenis bisnis untuk mahasiswa? Seperti yang kita tahu bahwa kantong kering alias bokek nampaknya sudah akrab dengan mahasiswa. Jatah bulanan dari orang tua harus dengan cermat di pergunakan untuk biaya makan, keperluan tugas, dan keperluan sekunder lainnya. Belum lagi, ajakan nongkrong di kafe makin gencar. Tak heran jika banyak mahasiswa yang kehabisan ‘bensin’ di pertengahan bulan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, sebenarnya banyak loh solusi yang bisa kalian lakukan. Misalnya bekerja part time atau membuka usaha sendiri. Selain melatih kemandirian, hal tersebut juga bisa mengisi waktu luang mengingat jam kuliah tidak sepadat jam sekolah.
Bisnis untuk Mahasiswa

6 Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa

Jika kalian masih bingung bisnis untuk mahasiswa apa yang cocok, berikut akan kami rangkum beberapa ide bisnis maupun pekerjaan part time yang bisa kalian coba:

1. Bisnis Kuliner

Ide bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah bisnis kuliner. Bisnis ini cukup potensial untuk digeluti karena makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Untuk memulainya pun cukup mudah. Kalian bisa memperhatikan jenis makanan yang disukai banyak orang di tempat kalian. Jika kalian tidak memiliki keahlian memasak, kalian bisa belajar terlebih dahulu atau bisa juga mengajak teman yang pandai memasak.

Jika memungkinkan, kalian bisa memanfaatkan teras kosan untuk dijadikan tempat berjualan agar modal yang harus kalian keluarkan bisa ditekan. Yang paling penting kalian harus melakukan branding untuk produk yang akan dijual agar lebih melekat di ingatan masyarakat. Setelah itu, kalian juga bisa menerapkan promo secara berkala untuk menarik perhatian banyak orang.

Bagi yang tidak memiliki banyak modal, kalian bisa mencoba menjajakan jajanan kecil yang diambil dari agen tertentu. Jadi, kalian tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Kalian bisa mencoba mencari agen penjual jajanan yang murah dan lezat agar keuntungan yang kalian dapat lebih banyak. Untuk sistem penjualannya, kalian bisa titipkan ke kantik kampus atau langsung menjualnya sendiri. Sangat mudah bukan?

2. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan selanjutnya adalah bisnis pulsa dan paket internet. Koneksi internet sepertinya juga telah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang. Bagaimana tidak, di jaman serba teknologi ini, hampir setiap lini kehidupan bersinggungan dengan internet. Apalagi, mahasiswa. Untuk mengerjakan tugas dan chatting pacar, pasti butuh internet. Oleh karena itu, bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalani.

Untuk memulainya pun tidak sulit. Kalian hanya perlu mendaftarkan nomor HP kea gen pulsa dan melakukan pengisian saldo pulsa senilai Rp. 50.000 saja. setelah itu, kalian bisa langsung promote ke teman-teman agar berlangganan pulsa pada kalian. Selain pulsa dan paket internet, beberapa agen pulsa dan aplikasi penjual pulsa juga menyediakan jasa pembayaran token listrik, PDAM, dan BPJS. Nah, kalian juga bisa mencobanya.

3. Membuka Online Shop

Berbelanja secara online saat ini menjadi pilihan banyak orang karena dinilai lebih simpel. Tentu ini menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Kalian bisa membuka toko online yang bergerak dibidang tertentu. Yang paling ramai adalah toko fashion dan kosmetik. Jika kalian mempunyai modal lebih, tidak ada salahnya jika kalian membuat brand produk yang akan kalian tawarkan. Geluti dengan serius dan bisa jadi bisnis ini bisa menjadi masa depan anda.

Tetapi, jika kalian memiliki modal pas pasan, jangan khawatir. Kalian bisa menjadi reseller dari toko online tertentu lalu menjualnya ke toko online milik kalian. Atau kalian juga bisa menjajal sistem dropship jadi kalian tidak perlu mengerluarkan modal.

Yang harus kalian lakukan adalah menawarkan produk kepada orang lalu jika ada yang memesan kalian pesankan kepada agen. Pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh agen, jadi kalian tinggal terima beres saja. Meski begitu, menjadi reseller dan dropshipper harus tetap melakukan strategi marketing agar mampu menarik minat beli orang. Selain itu juga kalian harus jeli dalam memilih agen. Pastikan reputasinya baik dan harga yang diberikan menguntungkan.
Bisnis tanpa Modal untuk Mahasiswa

4. Menjadi Seorang Content Creative

Berikut ini adalah bisnis tanpa modal untuk mahasiswa yang bisa kalian geluti, yaitu menjadi seorang content creative. Bisa dibilang pekerjaan ini cukup menyenangkan. Kalian hanya perlu membagi ide yang ada didalam pikiran kalian dalam bentuk tulisan ataupun video. Untuk ide yang dituang dalam sebuah tulisan, kalian bisa menumpahkannya kedalam halaman blog. Semakin kreatif dan semakin menarik tulisan kalian, maka akan ada banyak orang yang tertarik membacanya.

Oleh karena itu, jangan takut untuk menyampaikan sebuah ide dan teruslah mengeksplor kemampuan menulis kalian agar semakin berkualitas. Jangan lupa untuk mendesain halaman blog semenarik mungkin agar pembaca tambah betah. Jika blog kalian sudah dikunjungi banyak orang, kalian bisa mengajukan google ads dan mendapatkan uang dari iklan yang tampil di beranda blog kalian.

Selain menuangkan ide dalam bentuk tulisan, kalian juga bisa menumpahkannya dalam bentuk video lalu mengunggahnya ke YouTube. Istilah bekennya adalah kalian menjadi Youtober. Belakangan ini, profesi tersebut tengah naik daun. Banyak sekali Youtuber yang mampu menghasilkan puluhan juta melalui video mereka.

Jadi, tidak ada salahnya jika kalian juga mencoba peruntungan disana. Untuk pemula, kalian bisa memanfaatkan kamera smartphone kalian untuk merekam. Lalu, kalian bisa melakukan editing video untuk sekreatif mungkin agar lebih enak untuk ditonton. Dan yang paling penting, konten yang kalian sampaikan dalam video harus menarik dan berbeda dari yang lain.

5. Membuka Jasa Les Private

Membuka jasa les private juga bisa menjadi alternatif untuk mahasiswa. Selain menjadi ladang bisnis, jasa les private juga efektif untuk menyalurkan ilmu yang telah didapat di perkuliahan. Kalian bisa merekrut teman-teman dari jurusan yang berbeda agar jangkaunnya lebih luas. Untuk menjaring murid, kalian bisa menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah. Jika kalian tidak mau repot-repot, kalian juga bisa melamar ke lembaga private untuk menjadi tenaga pengajar. Di kota-kota besar kalian akan sangat mudah menemukan lembaga private.
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

6. Menjadi Desainer Grafis

Jika kalian mempunyai keahlian dalam bidang desain grafis, tidak ada salahnya jika memanfaatkannya untuk menghasilkan pundi rupiah. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, kebutuhan desain grafis meningkat tajam. Jadi, tidaklah susah bagi kalian untuk mendapatkan klien selama kalian aktif menawarkan keahlian kalian.

Untuk kalian yang tertarik dalam bidang desain grafis tetapi belum bisa mengoperasikan software terkait, kalian bisa belajar dari tutorial yang banyak bertebaran di internet terlebih dahulu. Setelah kalian memiliki kemampuan yang mumpuni, kalian bisa terjun langsung menjadi seorang desainer grafis.

Itulah ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Menjadi mahasiswa bukan berarti tidak bisa bekerja. Justru kalian adalah orang orang yang memiliki kemampun lebih untuk menghasilkan uang sendiri. Yang paling penting adalah kalian mau berusaha dan terus belajar untuk mengembangkan kemampuan kalian. Jangan menunggu lulus jika kalian bisa memulainya sekarang. Selamat berwirausaha dan semoga sukses!