Advertise here

Tuesday, October 23, 2018

Usaha potensial di desa bisa dicari dengan memanfaatkan kondisi dan situasi yang ada. Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan usaha di desa. Sebenarnya ada banyak peluang yang bisa Anda coba. Khususnya dalam hal perdagangan. Apa sajakah contoh usaha potensial yang bisa dicoba? Berikut adalah beberapa diantaranya.
Usaha Potensial di Desa

Macam-macam Peluang Usaha Dagang di Desa

1. Usaha Rental Mobil
Meskipun Anda tinggal di pedesaan, memiliki mobil tentu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Namun pertanyaannya, “Ada berapa mobil yang Anda punya?” Jika lebih dari satu dan lebih sering menganggur, maka sebaiknya disewakan saja. Keuntungannya pun sangatlah lumayan karena untuk satu kali rental bisa mencapai Rp250 – Rp350 ribu per hari. Biasanya besarnya harga sewa tergantung dari jenis dan spesifikasi mobil yang disewakan.

2. Jualan Pulsa
Banyaknya pengguna handphone kini sudah tersebar rata di Indonesia, termasuk di lingkungan pedesaan yang terpencil sekalipun. Banyaknya konsumen ini tentunya membuat bisnis pulsa semakin menjamur dan semakin potensial untuk dijalankan. Karena setiap pengguna ponsel pastinya memerlukan pulsa agar bisa dipakai untuk berkomunikasi. Meskipun keuntungan yang didapat sedikit, namun jika Anda melakukan banyak transaski setiap hari, tentu akan banyak keuntungannya.

3. Jualan Sarapan
Ada beragam jenis menu sarapan pagi yang bisa dijual seperti nasi uduk, lontong sayur, dan soto. Berbagai jenis masakan ini tentunya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Bagi ibu rumah tangga di desa yang hobi memasak, manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha jualan menu sarapan. Buatlah masakan yang enak dan pastikan bahwa rasanya dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.
Jenis Usaha yang Cocok di Desa
4. Bisnis Online
Bisnis online merupakan peluang usaha yang sangat mudah dilakukan saat ini. Kecanggihan teknologi saat ini semakin memperbesar peluang bisnis online. Manfaatkan perangkat yang Anda punya seperti laptop, komputer, atau smartphone. Untuk memulai bisnis ini tidak terlalu banyak modal yang diperlukan, cukup dengan koneksi internet, Anda sudah bisa melakukannya. Ada banyak marketplace lokal yang bisa Anda jadikan lahan untuk melakukan bisnis dengan cara berjualan secara online.

5. Usaha Kelontong
Peluang usaha dagang di desa yang berikutnya adalah dengan membuka toko kelontong. Anda bisa menjual berbagai keperluan pokok sehari-hari seperti beras, sayuran, bumbu masak, gula, dll. Banyak orang yang memandang remeh usaha kelontong. Mungkin karena terlihat sederhana dan keuntungannya relatif kecil. Padahal jika ditekuni secara serius dan Anda memiliki banyak pelanggan tetap, maka tidak sedikit penghasilan yang bisa Anda dapat.

6. Usaha Ternak Ayam
Siapa yang tidak suka makan ayam? Umumnya, masyarakat Indonesia pasti menyukai olahan makanan yang terbuat dari ayam, baik ayam kampung ataupun ayam potong. Anda bisa menjadikan ternak ayam sebagai pilihan bisnis di desa yang menguntungkan. Pilihlah jenis ayam yang sesuai dengan selera kebanyakan masyarakat setempat, apakah ayam potong, ayam ras, atau mungkin ayam kampung. Anda juga bisa menjual ayam-ayam tersebut ke berbagai pasar dan rumah-rumah makan.

7. Usaha Menjahit
Bagi Anda yang punya keterampilan menjahit kain menjadi berbagai desain pakaian menarik, manfaatkanlah hal itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika Anda belum pandai menjahit namun tertarik untuk menekuni usaha ini, bisa mengikuti kursusnya terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa segera memulainya dengan membuka jasa jahit pakaian kecil-kecilan di rumah. Nanti ketika usaha Anda sudah berkembang, barulah Anda bisa merekrut penjahit lain sebagai karyawan Anda.

Itulah macam-macam peluang usaha potensial di desa yang bisa coba Anda tekuni, semoga bermanfaat.