Advertise here

Monday, October 15, 2018

Peluang usaha dagang di desa masih terbuka lebar karena selain target pembelinya yang melimpah, persaingannya juga masih sedikit. Ada banyak jenis usaha berbentuk jualan yang bisa dijalankan di desa. Sama halnya dengan di kota, bisnis di desa tidak membuat Anda kehilangan kesempatan untuk meraih keuntungan besar. Berikut adalah contoh usaha di desa yang bisa Anda coba.
Peluang Usaha Dagang di Desa
Sumber: probisnis.com

6 Peluang Usaha Sampingan yang Paling Menguntungkan Saat Ini

1. Usaha Warkop

Usaha warkop alias warung kopi tidak hanya potensial dilakukan di kota. Di desa pun bisnis ini cukup menjanjikan dijalani karena banyak masyarakat yang ingin mengonsumsi camilan atau ngopi di sela-sela istirahat pekerjaan mereka.

Selain menjual kopi, sediakan juga beberapa makanan seperti gorengan, bubur kacang ijo, dan mie instan. Usaha warung kopi akan semakin menjanjikan jika anda membukanya di tempat-tempat yang agak ramai seperti di pinggir jalan.

2. Usaha Warteg

Warteg merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan. Itulah kenapa semakin ke sini usaha warteg terus menjamur, baik di perkotaan maupun di desa. Namun untuk menjalani bisnis ini diperlukan semangat dan kerja keras. Karena Anda haru bangun pagi-pagi sekali untuk menyiapkan aneka menu yang ingin dijual.

Selain itu, kualitas rasa dari menu yang dimasak juga merupakan poin penting untuk diperhatikan. Berika juga pelayanan yang baik kepada setiap pembeli yang datang serta jaga kebersihan warteg anda.

3. Usaha Jamu

Di desa tentunya sangat mudah untuk menemukan beragam rempah-rempah sebagai bahan baku pembuatan jamu seperti kunyit, jahe, kencur, dll. Itulah kenapa bisnis usaha jamu menjadi lebih mudah dilakukan di desa. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai jamu, mulai dari kalangan bawah hingga masyarakat menengah ke atas.

Anda bisa memulai usaha jamu dengan membuka toko kecil-kecilan di rumah atau menjualnya menggunakan sepeda berkeliling kampung. Selain itu, anda juga bisa memproduksi jamu kering kemasan kemudian menitipkannya ke toko dan warung-warung.
Usaha yang Menguntungkan di Desa
Sumber: www.agrowindo.com

4. Jualan Sembako

Jualan sembako merupakan jenis usaha yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, baik yang tinggal di desan maupun di perkotaan. Sembako merupakan kebutuhan paling pokok manusia setiap harinya. Jadi, tidak mungkin bisnis ini sepi pembeli.

Membuka toko sembako merupakan usaha menguntungkan saat ini yang bisa dilakukan di pedesaan. Banyak orang yang awam di dunia bisnis menganggap jualan sembako memiliki keuntungan kecil. Padahal, meskipun kecil, jika dalam sehari pembeli yang datang puluhan atau bahkan ratusan orang, tentu akan banyak penghasilan yang bisa didapat.

5. Jual Perabot Rumah Tangga

Perabot rumah tangga juga banyak dicari oleh masyarakat desa. Namun mereka terkendala karena sangat jarang ditemukan toko perabot yang menyediakan semua peralatan secara lengkap. Mulai dari perabotan dapur, lemari, hingga peralatan elektronik seperti kulkas dan TV. Anda bisa mengambil kesempatan ini dengan membuka toko perabot sebagai usaha anda. Tentunya toko anda akan ramai karena persaingannya yang masih rendah

6. Jual Bibit Tanaman

Masyarakat di desa kebanyakan berprofesi sebagai petani yang menanam berbagai jenis sayuran dan buah. Sediakanlah bibit untuk para petani tersebut dengan membuka toko yang menjual aneka bibit tanaman. Baik yang berbentuk benih seperti bibit sayur ataupun yang berbentuk tanaman seperti bibit karet, jati, sawit, dan kelapa. Namun sebaiknya sesuaikan dengan tren yang ada, jika mayoritas di desa anda kebanyakan menanam sawit, maka perbanyaklah persediaan bibit sawit untuk dijual.

Itulah berbagai contoh peluang usaha dagang di desa yang bisa anda coba untuk meraih penghasilan tambahan, semoga bermanfaat.