Advertise here

Tuesday, September 04, 2018

Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis offline (tanpa bantuan koneksi internet). Bisnis apapun itu pasti mempunyai risiko tersendiri dan kesuksesannya ditentukan oleh kemampuan pebisnis dalam mengubah peluang menjadi keuntungan.

Namun, hanya sedikit orang mampu meraih keuntungan dari bisnis online. Alasan utamanya, mereka tidak mengetahi aturan main dalam berbisnis di internet. Meskipun sama-sama berbisnis, internet mempunyai aturan main tersendiri dan tidak boleh diabaikan oleh setiap pebisnis.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa penyebab binsis online gagal dan solusi cara mengatasinya.

Anda bisa menjadikan bahasan ini sebagai cerminan dan referensi agar bisnis online yang Anda jalankan bisa meraih kesuksesan untuk kedepannya. Mari simak ulasannya di bawah ini.
Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Kegagalan memang selalu saja menghiasi sebuah bisnis yang dikerjakan termasuk ketika Anda akan atau sedang menjalankan bisnis online.

Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa penyebab kegagalan bisnis online yang bisa dijadikan referensi dan hal yang harus Anda hindari ketika menjalankan sebuah bisnis. Inilah sepuluh penyebab kegagalan utama dalam berbisnis online.

1. Malas Belajar
Jangan anggap bisnis tidak ada kaitannya dengan proses belajar. Bisnis membutuhkan pembelajaran untuk mencapai sukses. Kesukesan pebisnis ditentukan oleh tekadnya dalam mempelajari sesuatu yang baru dan menerapkannya dalam bisnis.

Perlu diketahui, hidup akan menjadi statis atau bahkan memburuk jika kita berhenti belajar.

Agar tidak malas dalam menjalankan bisnis, pastikan menjalankan bisnis sesuai dengan passion Anda dan mengetahui cara memilih bisnis online yang tepat dan benar.

2.  Ketinggalan Informasi
Internet adalah dunia yang berubah cepat. Trend-trend baru terus bermunculan dengan cepat. Jika Anda ketinggalan informasi, bersiap-siaplah untuk gulung tikar dan mengakhiri bisnis online Anda.

Untuk mengantisipasi penyebab kegagalan ini, luangkan waktu khusus untuk mencari informasi terbaru seputar trend di dunia maya.

3. Modal Tidak Memadai
Dalam bisnis apapun, modal sangat diperlukan. Modal yang dimaksud di sini adalah keahlian dari pebisnis itu sendiri, terutama dalam mengubah peluang menjadi uang.

Jika pebisnis malas mempelajari sesuatu yang baru, dia tidak akan mempunyai modal yang cukup untuk berbisnis online.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa mencoba bisnis online tanpa modal seperti menjadi seorang dropshipper, affiliate marketer, jasa desain dan membuka jasa yang lainnya sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

4. Kurangnya Perhatian Terhadap Marketing
Bisnis online berkaitan sangat erat dengan internet marketing. Untuk mepermudah jalannya bisnis Anda, luangkan waktu untuk belajar internet marketing dari para ahlinya dan bergabunglah ke forum tersebut untuk mendapatkan lebih banyak ilmu.

5. Kurangnya Pemahaman Terhadap Trend Pasar
Jika seseorang ketinggalan informasi, dia tidak akan memahami perubahan atau peristiwa yang terjadi di tempat tertentu. Untuk memahami trend pasar dan gaya hidup konsumen yang terus berubah, Anda harus siap untuk mengakses informasi baru setiap hari.

6. Kurangnya Inovasi
Setiap era punya tantangan tersendiri dan inovasi baru terus dihadirkan untuk menghadapi tantangan tersebut. Jika Anda tidak bisa menghadirkan inovasi baru pada produk atau jasa yang ditawarkan, sangat kecil kemungkinannya untuk sukses.

7. Tidak Ada Ide Kreatif
Produk atau jasa dengan sentuhan ide kreatif lebih mudah untuk diterima konsumen. Mereka hanya tertarik pada produk tertentu yang mempunyai faktor pembeda di pasaran.

8. Promosi Kurang Maksimal
Dalam berpromosi di internet, jangan hanya mengandalkan pada fitur gratisan. Sesekali, keluarkan sedikit uang untuk melakukan kegiatan promosi baik melalui iklan PPC atau jasa promosi lain yang sudah dikenal baik pengguna internet.

9. Tidak Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Pebisnis yang tidak memahami kebutuhan konsumennya harus siap-siap untuk gulung tikar. Bisnis pada dasarnya bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

10. Tidak Mengetahui Keinginan Konsumen
Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Faktor ini bersifat sangat subjektif karena setiap orang mempunyai keinginan tersendiri. Pahamilah apa yang konsumen inginkan dari bisnis Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab kegagalan bisnis online yang sedang Anda jalankan.
Sikap Pelaku Bisnis Online atau Internet Marketer Sukses

Sikap Pelaku Bisnis Online atau Internet Marketer Sukses

Setelah mengetahui beberapa penyebab kegagalan yang dapat menghambat lancarnya bisnis online yang akan dilakukan.

Selanjutnya kami akan membahas mengenai beberapa sikap yang harus dimiliki oleh pebisnis online atau internet marketer yang ingin sukses besar untuk meminimalisir kegagalan atau bisa menjadi solusi mengatasi penyebab kegagalan bisnis online.

Internet marketer adalah pekerjaan baru yang lahir dari beralihnya peradaban manusia ke era informasi. Sebagai profesi baru, tentu saja ada banyak tantangan yang tidak ada pada profesi sebelumnya yang sudah banyak digeluti oleh orang lain.

Menjadi internet marketer adalah sebuah tantangan yang tidak bisa diabaikan oleh setiap profesional yang ingin sukses melalui internet.

Meraih sukses bukanlah perkara mudah tentunya. Sebagai sebuah profesi, ada tahapan yang harus dilewati dan proses tersebut tidak bisa dilewati begitu saja.

Untuk mendapatkan gelar sebagai internet marketer sukses, ada pengorbanan yang harus Anda bayar. Selain itu, Anda juga harus mengetahui empat sikap wajib dari internet marketer sukses.

1. Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Besar
Internet marketer seharusnya mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan sikap ini akan terus menuntutnya agar mau mempelajari ilmu atau informasi baru.

Profesi ini sangat erat kaitannya dengan internet, sebuah dunia yang berubah cepat dan dipenuhi oleh informasi baru yang terus bermunculan.

Sedikit saja Anda ketinggalan informasi, dampaknya akan sangat merugikan. Belajarlah setiap hari dari sumber informasi tanpa batas ini. Penuhilah rasa ingin tahu Anda dengan ilmu baru yang nantinya akan diterapkan untuk bisnis internet.

2. Memberikan Informasi yang Benar
Setiap hari, ada jutaan bahkan miliaran orang mengakses internet. Apapun yang Anda sampaikan di internet, ada begitu banyak orang yang membaca informasi tersebut.

Orang akan mengetahui siapa Anda dari informasi yang Anda sampaikan. Sebagai internet marketer, kejujuran adalah hal utama yang perlu dipertahankan.

Terlebih lagi, orang menjadi lebih leluasa untuk berbohong di internet karena bisa menutupi jati dirinya yang sebenarnya. Berikanlah informasi yang jujur dan benar, apapun informasi tersebut.

Sekali Anda menyampaikan informasi yang tidak benar, Anda akan dicap sebagai scammer oleh banyak pengguna internet sekaligus.

3. Memberikan Inovasi dan Ide Baru
Internet adalah dunia yang berubah sangat cepat dan ternd baru terus bermunculan tanpa henti. Sekali informasi baru disampaikan, informasi tersebut akan segera diakses oleh banyak orang.

Kondisi ini menuntut seorang internet marketer untuk terus memberikan inovasi atau ide baru yang tentunya berbeda dari ide sebelumnya.

Untuk mendapatkan ide tersebut, Anda tentu harus banyak belajar tentunya, terutama untuk memahami trend baru di internet.

4. Tidak Takut Mencoba Tantangan Baru
Dunia yang berubah cepat tentu akan mendorong Anda untuk mencoba tantangan baru yang tidak pernah ada sebelumnya.

Ada banyak tantangan yang dihadapi seorang internet marketer, terutama ketika dia menawarkan sesuatu yang benar-benar baru. Oleh karena itu, marketer harus mempunyai mental layaknya seorang pebisnis yang tidak takut untuk mencoba peluang baru apapun risikonya.

Ingin menjadi internet marketer atau pebisnis online yang sukses. Pastikan anda mengetahui penyebab kegagalan bisnis online dan cara mengatasinya dengan sikap yang wajib dimiliki oleh para pebisnis online.