Advertise here

Saturday, July 14, 2018

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan ada banyak jenisnya. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kesukaan atau passion anda. Karena dengan memilih jenis usaha yang seperti ini, anda akan merasa senang dalam menjalaninya.

Nah, berikut ini kami berikan informasi kepada anda mengenai aneka usaha sampingan di rumah yang bisa anda coba.
Sumber: www.agrowindo.com

Macam-macam Usaha Sampingan di Rumah yang menguntungkan

1. Menjual Makanan Ringan

Bagi ibu rumah tangga yang hobi memasak, tentu menjual makanan ringan merupakan bisnis yang cocok untuk dilakukan. Contohnya anda bisa mencoba membuat camilan seperti keripik pisang, keripik kentang, atau keripik singkong. Kemudian menitipkannya ke warung-warung pinggir jalan yang ramai pembeli.

Modal yang anda butuhkan untuk memulai usaha ini kurang lebih 500 – 700 ribu rupiah. Buatlah camilan dengan rasa yang enak, agar konsumen kembali membeli camilan anda.

2. Membuka Warung atau toko sembako

Ada banyak pilihan usaha rumahan yang menjanjikan, salah satunya membuat warung atau toko sembako. Jenis sembako yang dijual biasanya berupa beras, telur, tepung, gula, minyak, dan lain sebagainya.

Susunlah perencanaan dengan matang lalu kelola keuangan dengan baik dan rapih agar bisnis yang anda jalankan bisa memberikan keuntungan. Untuk memulai usaha warung sembako, modal yang harus anda keluarkan sekitar 5 juta rupiah.

Baca juga: Macam-Macam Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

3. Jualan Pulsa dan Kuota Internet

Saat ini, kebanyakan orang sudah memiliki handphone. Agar ponsel tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi, tentu saja harus memiliki pulsa atau kuota internet yang cukup. Hal ini membuat usaha jualan pulsa dan kuota internet menjadi bisnis yang menjanjikan.

Anda bisa membuka usaha ini di rumah lalu menawarkannya ke tetangga dan orang-orang di lingkungan sekitar rumah. Berikanlah pelayanan yang baik dan harga yang murah agar orang-orang tertarik.

4. Jualan Gas Elpiji dan Air Galon

Gas elpiji dan air galon merupakan kebutuhan pokok hidup manusia. Bisnis seperti ini sangatlah cocok dijalankan di rumah apalagi jika di lingkungan sekitar rumah anda belum ada yang berjualan air galon ataupun gas elpiji.

Agar semakin memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, berikanlah fasilitas antar jemput gas atau air galon. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, bisa mempekerjakan orang lain.
Sumber: www.infobintaro.com
5. Membuka Jasa Menjahit

Jika anda pernah mengikuti kursus menjahit atau merupakan lulusan SMKN tata busana, bisa mencoba bisnis jasa menjahit di rumah anda. Modal utama yang anda butuhkan yaitu mesin jahit, kain, dan peralatan-peralatan lainnya.

Target awal anda adalah kerabat dan tetangga di sekitar rumah. Anda bisa menerima pesanan berupa pembuatan baju sekolah, gamis, celana jeans, kemeja, dan produk atau pernak-pernik lain yang bisa anda buat.

6. Jualan Makanan Sarapan

Jika anda tinggal di lingkungan yang banyak orang-orang kantoran atau pegawai, anda bisa coba berjualan menu sarapan seperti nasi uduk, lontong sayur, bubur, ataupun soto ayam.

Hal itu dikarenakan pegawai kantor merupakan orang-orang yang sibuk sehingga tidak mau repot memasak makanan untuk sarapan di pagi hari.

Untuk memulai bisnis ini, modal yang dibutuhkan berkisar antara 600 – 1 juta rupiah.

7. Jualan Online

Selain menjalankan bisnis nyata di rumah, anda juga bisa menjalankan bisnis online dari rumah. Kini, banyak orang yang sudah terbukti sukses dengan menjalankan bisnis berbentuk jualan online dengan sistem reseller dan dropship.

Untuk memulai menjadi seorang reseller atau dropshiper online, hal pertama yang anda butuhkan adalah produk. Anda bisa mencari supplier produk-produk tersebut di marketplace-marketplace lokal.

Itulah 7 usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan dan mudah dilakukan, selamat mencoba!