Advertise here

Sunday, July 15, 2018

Usaha sampingan di rumah sering dianggap remeh. Padahal bisnis ini cukup menguntungkan, bahkan hingga berkali-kali lipat. Apalagi jika Anda mau membuat semacam home indusrty.

Seperti pembuatan makanan ringan, pakaian, kerajinan tangan, sepatu, dan lain sebagainya. Bagi siapa saja yang baru ingin memulai usaha sampingan, berikut kami berikan tipsnya.
Usaha Sampingan di Rumah
Sumber: www.siapbisnis.net

7 Tips Jitu Memulai Usaha Sampingan yang Menguntungkan di Rumah

Memulai usaha sampingan di rumah tidak bisa sembarangan. Anda harus mempunyai persiapan yang matang. Ojo grasa grusu.

Berikut ini tips yang harus diperhatikan ketika akan membuka usaha rumahan untuk pertama kalinya.

1. Tentukan Bidang Bisnis yang Sesuai
Hal pertama yang sangat penting diperhatikan oleh pebisnis pemula adalah memilih bisnis yang sesuai dengan kesukaan atau passion. Misalnya Anda suka atau hobi mengoleksi tas, cobalah membuat industri rumahan yang berfokus pada produksi benda-benda fashion seperti tas dan sepatu.

Sebaiknya hindari menggeluti bisnis terhadap sesuatu yang tidak disukai atau malah Anda benci.

2. Tetapkan Visi dan Misi Bisnis Anda
Home industri yang ingin dibuka haruslah memiliki arah dan tujuan. Visi dan misi penting dibuat sebagai pedoman bagi Anda untuk menjalankan bisnis.

Pasanglah target visi misi yang besar namun masih realistis untuk tercapai. Dengan adanya visi dan misi, diharapkan bisnisnya bisa diperluas ke berbagai kota atau bahkan ke negara lain.

3. Berikan Keunikan pada Produk Anda
Produk yang memiliki ciri khas atau keunikan tentu akan lebih menarik dan memberikan kesan tertentu di hati konsumennya. Banyak pebisnis pemula yang tidak terlalu memperhatikan poin ini.

Padahal, ciri khas yang unik akan membuat orang lain terus mengingat produk yang dijual, sehingga kemungkinan terjadinya repeat order pun sangat besar.

4. Cari Waktu yang Tepat untuk Memulainya
Memulai atau mempublikasikan industri rumah sebaiknya jangan dilakukan terlalu terburu-buru. Cari dan tentukanlah waktu yang tepat untuk memulainya.

Misalnya, jika Anda ingin mencoba bisnis busana muslim, maka sebaiknya lakukan publikasi dan gencarkan promosi di momen-momen yang tepat seperti saat beberapa minggu sebelum Ramadhan.
Tips Memulai Usaha Sampingan
Sumber: www.aturduit.com
5. Hitung Estimasi Modal yang Diperlukan
Bisnis tentu tidak akan berjalan jika kebutuhan modal tidak terpenuhi. Sebelum memulai usaha atau bisnis rumahan, hitunglah kebutuhan estimasi dana yang diperlukan secara terperinci. Mulai dari persiapan awal, produksi, hingga pemasaran.

Siapkan juga dana darurat yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tak terduga.

6. Lakukan Promosi dengan Gencar di Sosial Media
Agar orang lain mengetahui produk yang Anda punya, tentunya harus dilakukan promosi. Semakin banyak dan semakin sering dipromosikan, maka akan semakin banyak juga orang yang tahu dengan produk industri rumahan yang Anda pasarkan.

Agar lebih efektif, lakukanlah promosi di berbagai sosial media punya secara rutin dan teratur.

7. Perluas Jaringan Bisnis Anda
Agar bisnis industri rumahan memiliki perkembangan yang luas, tentu harus terjalin banyak hubungan dengan pelaku bisnis lainnya.

Misal Anda memiliki produk makanan ringan, maka jalinlah kerjasama dengan pelaku bisnis rumah makan dan toko-toko swalayan.

Jika Anda punya produk tas kulit, maka bisa bekerja sama dengan pelaku bisnis fashion seperti butik dan toko tas wanita.
Macam-macam Usaha Sampingan yang Menjanjikan
Sumber: beritadaerah.co.id

Macam-macam Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa dicoba. Dari mulai usaha yang memerlukan modal dibawah 1 juta sampai puluhan juta. Berikut beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan di rumah.

1. Pembuatan Boneka
Anda bisa memulai usaha pembuatan boneka dengan modal sekitar 5 – 8 jutaan. Nantinya, uang tersebut akan digunakan sebagai modal awal untuk membeli peralatan dan bahan seperti kapas, gunting, kain, dan benang.

Agar lebih efisien, Anda bisa mempekerjakan 2 – 3 pegawai supaya produksinya juga bisa lebih banyak.

Agar keuntungan dan penjualan yang diraih bisa maksimal, jangan lupa untuk memasarkan boneka yang Anda buat secara tertarget. Atau bahkan menjualnya ke luar negeri karena keuntungannya bisa berlipat-lipat.

Sebagai contoh Anda bisa menjual boneka pewayangan Rama dan Shinta di situs eBay dengan harga 70 dollar. Oleh sebab itu, eBay merupakan tempat bisnis online terpercaya di dunia.

2. Warung Makan
Warung makan memang memerlukan cukup banyak modal, yakni antara 30 – 40 jutaan. Hal itu dikarenakan Anda harus mengalokasikan uang untuk biaya sewa tempat yang cukup besar jumlahnya.

Usaha ini cukup menjanjikan apalagi jika dibangun di tempat yang strategis. Seperti di dekat kampus, tentu akan ada banyak mahasiswa yang berdatangan setiap harinya.

Karena keuntungannya yang besar, tentu membuat usaha warung makan cepat balik modal. Sebagai contoh Anda memasang target mendapatkan keuntungan bersih Rp300 ribu per hari. Maka dalam waktu 3 bulan usaha Anda sudah balik modal.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa memberikan layanan delivery yang bisa langsung diantar ke kos-kos mahasiswa.
Bisnis Sampingan Catering
Sumber: jurnal.maskoolin.com
3. Katering
Usaha katering mirip seperti usaha warung makan, namun modal yang diperlukan tidak sebanyak itu, yakni sekitar 20 – 30 jutaan. Modal tersebut nantinya digunakan untuk membeli peralatan masak, bahan makanan, dan gaji koki serta asistennya.

Anda bisa menargetkan pemasaran kecil-kecilan dulu, misalnya peserta seminar dengan peserta 50 orang.

Gunakanlah bahan makanan yang berasal dari dalam negeri supaya tidak terlalu banyak pengeluaran. Karena jika ingin membuka usaha katering makanan Jepang atau Korea, maka modal 20 jutaan tentu tidak akan mampu mencukupinya.

Lakukanlah promosi bisnis katering Anda secara gencar di sosial media seperti Instagram atau facebook. Lalu berikan juga harga yang kompetitif pada menu katering.

4. Kerajinan Tangan
Membuka usaha pembuatan kerajinan tangan memerlukan modal sekitar 10 – 20 jutaan. Anda bisa memproduksi berbagai bentuk kerajinan seperti bunga kertas dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di dalam negeri.

Agar hasilnya maksimal dan produksi bisa dilakukan dengan cepat, sebaiknya Anda mempekerjakan beberapa orang sebagai pegawai.

Memasarkan produk secara online di olshop internasional juga bisa menjadi strategi untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Sebagai contoh, jika biasanya Anda membeli patung dari tanah liat dengan harga Rp3.000, maka jika dijual di eBay harganya bisa mencapai 1 dollar.

Tentu ini sangat menguntungkan apalagi jika Anda punya pelanggan tetap di situs tersebut. Bisnis ini cocok dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga.

5. Jamu
Bisnis jamu tidak harus berkeliling kampung sambil membawa-bawa botol jamu. Karena dengan modal 5 – 10 jutaan, Anda bisa memasarkan jamu bahkan ke luar negeri, khususnya untuk warga Indonesia yang berada di sana.

Anda bisa memproduksi jamu dalam bentuk kering untuk kemudian dikemas dan dipasarkan.

Jamu merupakan komoditi yang berpengaruh besar dalam memperkuat ekspor negara kita. Itu artinya, Indonesia memiliki pasar jamu yang bagus di mancanegara. Harganya pun sangat lumayan jika dibandingkan dengan pasar lokal, bisa mencapai 2 – 3 kali lipatnya.

6. Batik
Membuka usaha batik bisa dimulai dengan modal awal sekitar 10 – 20 jutaan. Batik Indonesia sudah cukup terkenal di dunia Internasional karena telah terdaftar di UNESCO. Itu artinya, produk ini juga memiliki pasar yang bagus di dunia internasional.

Harga di pasar internasional pun bisa berkali-kali lipat dari harga lokal. Sebagai contoh Anda bisa menjual batik tulis di situs eBay dengan harga 50 dollar. Padahal di pasar lokal biasanya hanya diharga sebesar 200 ribu rupiah saja.

Demikianlah informasi kali ini tentang tips memulai usaha sampingan di rumah beserta referensi bisnis yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.