Advertise here

Thursday, July 12, 2018

Usaha rumahan ibu rumah tangga terkadang bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari gaji tetap suami. Kuncinya yaitu ketekunan, kesabaran, dan keuletan. Selain itu, anda juga harus pandai memilih jenis bisnis atau usaha yang akan dijalani.

Nah, berikut ini adalah macam-macam usaha rumahan yang awet dan dapat bertahan lama.
Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Macam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga

1. Jualan Batik

Batik Indonesia sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Jika Anda ingin berjualan batik dengan kualitas bagus, pilihlah kain batik tulis. Namun tentu saja anda memerlukan modal yang lumayan besar.

Anda bisa bekerja sama dengan kelompok-kelompok pembuat batik yang banyak tersebar di Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta. Anda juga bisa memasarkan batik ke pasar luar negeri melalui toko online internasional.

Keuntungannya sangat besar, misal anda membeli batik tulis dari pengrajin seharga Rp200 ribu, anda bisa menjual batik tersebut di pasar internasional hingga US$ 50.

2. Hijab

Untuk memulai bisnis hijab tidaklah harus memproduksinya sendiri. Anda bisa mengambilnya dari pemasok yang banyak di pusat-pusat perbelanjaan seperti Pasar Tanah Abang. Namun anda juga harus pandai menawar agar bisa dapat harga yang lebih murah.

Indonesia merupakan negara muslim, jadi bisnis hijab cukup potensial dan punya pasar yang besar. Namun jika anda ingin menargetkan ke pasar luar negeri bisa mencoba memasarkannya secara online ke negara muslim seperti Malaysia, Arab Saudi, dan Brunei. Keuntungan di pasar luar tentu lebih besar dari lokal, bahkan hingga dua kali lipatnya.

3. Kerajinan Tangan

Bisnis rumahan lain yang bisa dicoba yaitu membuat kerajinan tangan yang menggunakan bahan murni seluruhnya dari dalam negeri. Jika anda punya modal lebih atau tidak sanggup membuatnya sendiri, bisa mempekerjakan pegawai.

Atau cara lainnya bisa dengan bekerja sama dengan pengrajin lokal. Sebagai contoh, di Bantul ada sentra kerajinan tanah liat, maka anda bisa bekerja sama untuk membantu memasarkannya. Jadi, fokus anda di sini bukanlah sebagai pembuat, melainkan sebagai penjual.

4. Drop shipping

Drop shipping adalah jenis bisnis sampingan online yang sangat mudah untuk dikerjakan di rumah. Berbeda dengan jualan online sistem reseller, pada jualan sistem dropship anda tidak perlu melakukan stok barang.

Yang perlu anda lakukan hanyalah promosi dan mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Skemanya yaitu, anda mempromosikan produk, kemudian ada yang tertarik untuk membelinya, maka anda harus menghubungi supplier yang menyediakan produk tersebut untuk langsung mengirimkan barang setelah pembeli melakukan transfer.

Dropshipping juga menjadi solusi bisnis untuk anda yang tidak mau ribet dengan urusan men-stock barang di rumah.

5. Menjadi Blogger

Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola suatu blog atau website. Ini juga merupakan jenis bisnis online yang mudah dilakukan dan tidak perlu banyak modal untuk memulainya.

Tugas utama seorang blogger yaitu menyediakan konten secara update di blog. Jadi, jika anda ingin terjun ke dunia blogger, sebaiknya harus punya bakat menulis.

Untuk monetisasi, anda bisa bermitra dengan Google Adsense. Bagaimanakah sistemnya? Singkatnya begini, anda memasang iklan yang disediakan oleh Adsense ke blog anda. Nah, nantinya anda akan dibayar dari setiap klik iklan yang dilakukan pengunjung di blog anda.

Itulah macam-macam usaha rumahan ibu rumah tangga yang bertahan lama dan bisa dikerjakan secara online dan offline, selamat mencoba!