Advertise here

Monday, July 09, 2018

Salah satu alat transportasi yang saat ini banyak digunakan oleh orang Indonesia adalah sepeda motor. Mengingat alat transportasi ini mempunya harga beli dan biaya operasional yang relatif murah dibandingkan alat transportasi lain seperti mobil.

Apalagi harga sepeda motor yang baru dan yang bekas saat ini sudah terjangkau dengan cara cicilan atau tunai. Hal ini membuat perkembangan penjualan dan penggunaa sepeda motor di tanah air sangat pesat. Buktinya bisa Anda lihat sendiri bagaimana sepeda motor membanjiri jalan-jalan di kota maupun di pedesaan.
Usaha Bengkel Motor
Penjualan sepeda motor di kota maupun di desa dari tahun ke tahun meningkat pesat. Dampaknya jalan-jalan raya dipenuhi laju sepeda motor.

Atas realitas meningkatnya jumlah kendaraan motor ini kerap memunculkan sisi negatif dan positif. Dari sisi negatifnya bisa kita lihat bertambahnya kemacetan, naiknya angka kejahatan dan kecelakaan di jalan raya.

Walaupun demikian, dari sisi positif fenomena ini menimbulkan peluang usaha baru yang pastinya cukup menjanjikan. Jangan lupa bahwa bisnis kendaraan bermotor memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Bagi orang yang jeli melihat peluang bisnis maka akan mudah memperkirakan beberapa jenis bisnis yang berhubungan dengan sepeda motor.

Seperti usaha bengkel sepeda motor, usaha cuci motor, usaha tambal ban, usaha jualan bensin eceran pertamini, usaha jual sarung jok sepeda motor dan bisnis jualan suku cadang motor.

Berdasarkan kenyataan itulah, membuat peluang usaha bengkel motor sangat menjanjikan dan menguntungkan saat ini.

Anda bisa membuka usaha bengkel motor di perkotaan maupun di pedesaan yang terpencil sekalipun. Karena keduanya mempunyai prospek yang sangat cerah.

Sama seperti membuka usaha lainnya, untuk memulai usaha bengkel motor tidak boleh secara tergesa-gesa. Namun diperlukan perencanaan yang matang. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa menghindari kegagalan sejak awal.

Karena Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar jika memaksakan diri membuka usaha bengkel motor tanpa perencanaan. Modal uang dan waktu yang dikeluarkan akan percuma atau terbuang sia-sia.
Modal Bisnis Bengkel Motor

Cara Membuka Usaha Bengkel Motor bagi Pemula

Informasi usaha bengkel motor di atas sangatlah jelas. Dengan melihat pangsa pasar yang sangat besar harusnya Anda sudah mulai mempunyai gambaran mengenai bisnis otomotif ini.

Berikut ini cara memulai usaha bengkel sepeda motor bagi pemula untuk meraup laba yang besar.

1. Menentukan jenis atau model bengkel motor
Anda bisa membuka usaha bengkel sepeda motor dengan cara waralaba atau mandiri. Masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri. Keuntungan bengkel sepeda motor waralaba adalah mempunyai pelanggan yang loyal dan besar di Indonesia. Namun kekurangannya membutuhkan biaya investasi yang sangat besar minimal Rp 100 juta.

Selain itu, pastikan bengkel motor Anda bersifat khusus melayani merek tertentu atau umum bisa melayani segala merk. Apapun pilihannya tentu disesuaikan dengan sumber daya dan modal keuangan yang dimiliki.

2. Memilih lokasi usaha yang strategis
Dalam memilih lokasi untuk membuka usaha bengkel motor pastikan berada di tempat strategis. Seperti di pinggir jalan utama yang banyak dilalui sepeda motor, sekitar pom bensin (SPBU),  di sekitar toko suku cadang sepeda motor yang ramai oleh pembeli dan dekat pusat keramaian lainnya.

Pastikan juga jika di sekitar lokasi usaha belum ada pesaing. Sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Bersaing secara sehat
Jika di lokasi yang akan dipilih terdapat beberapa bengkel motor yang menjadi saingan. Hal tersebut jangan sampai membuat Anda takut. Apalagi sampai membatalkan niat membuka usaha.

Apalagi kompetitor mempunyai banyak pelanggan. Itu bisa menjadi peluang emas untuk “merebut pelanggan” dari pesaing dengan cara memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mereka. Misalkan kualitas service yang lebih baik, pelayanan lebih ramah dan harga jual onderdi l lebih murah.

4. Mempersiapkan modal usaha investasi dan operasional
Jika Anda memutuskan untuk membuka usaha bengkel motor, modal usaha investasi yang harus dipersiapkan antara lain biaya sewa lokasi usaha, biaya renovasi bangunan usaha, biaya membeli peralatan dan perlengkapan bengkel motor yang meliputi sofa, kalkulator, meja kasir, etalase, rak dan kursi tunggu.

Sedangkan modal usaha operasional meliputi belanja onderdil lengkap, belanja oli, gaji karyawan, biaya pulsa telepon, biaya bulanan air dan listrik dan biaya tak terduga.

Sementara itu, untuk perhitungan keuntungan usaha bengkel motor bisa diperoleh dari penjualan suku cadang, perbaikan dan penggantian oli.

Misalkan setiap hari ada 10 sepeda motor yang menjalani jasa service. Maka penghasilan dari jasa service saja sebesar Rp 300 ribu perhari dengan asumsi harga biaya service sebesar Rp 30 ribu. Belum ditambah dengan penjualan suku cadang, penggantian oli dan lain-lain.

Hal inilah menunjukkan keuntungan usaha bengkel motor sangat menjanjikan dan menggiurkan. Keuntungan bisa lebih besar jika Anda membuka usaha bengkel motor di tempat yang lebih strategis.

5. Pelayanan terbaik
Untuk meningkatkan keuntungan dari usaha bengkel motor maka Anda harus melakukan berbagai upaya untuk menarik banyak konsumen. Salah satunya dengan memberikan pelayanan service yang memuaskan.

Selain itu, karyawan bagian teknisi harus mempunya kemampuan yang handal, terampil, cekatan serta ramah dan bersahabat dengan konsumen.

Jangan lupa, selalu jaga kebersihan bengkel motor supaya konsumen yang datang merasa nyaman dan betah berada di gerai bengkel motor Anda.

Semoga informasi dan analisa yang disampaikan dapat memberikan inspirasi bisnis dan bahan referensi sangat berharga bagi pemula yang hendak mendirikan usaha bengkel motor.