Advertise here

Friday, July 06, 2018

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup dan naiknya berbagai harga kebutuhan pokok membuat gaji atau penghasilan bulanan sebagian orang sudah tidak mencukupi lagi. Hal ini tentu membuat pusing tujuh keliling. Mungkin termasuk Anda juga kan?

Tidak aneh jika saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membuka usaha. Saat ini sangat mudah bagi Anda (dan Saya) menjumpai seorang karyawan yang mempunyai pekerjaan sampingan. Begitu pula seorang ibu rumah tangga yang membuka usaha di rumah. Salah satunya usaha toko kelontong.
Toko Kelontong Sederhana

Mengapa Harus Memilih Usaha Toko Kelontong?

Jika ditilik kebelakang usaha toko kelontong dahulu masih sangat jarang. Dalam satu RW mungkin hanya ada satu. Tapi kini dalam satu RT saja bisa ada dua hingga tiga warung kelontong. Bahkan kita sering menyaksikan warung kelontong yang saling berdekatan.

Pada tahun 1998, negara Indonesia mengalami krisis ekonomi dan moneter yang membuat banyak perusahaan bangkrut dan menutup usahanya. Hal ini berdampak pada banyaknya korban PHK sehingga pengangguran semakin bertambah banyak.

Atas hal itulah, untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari para pengangguran tersebut ada yang memilih membuka usaha toko kelontong di rumah. Karena relatif mudah dalam membukanya dan modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Namun saat ini dengan perkembangan bisnis dan dunia usaha yang terus dinamis, perkembangan usaha toko kelontong mulai tersisih oleh kehadiran minimarket retail.

Sekarang, keuntungan usaha toko kelontongan sudah tidak seperti dulu lagi.

Setengah omset usaha toko kelontongan menjadi hilang disebabkan banyak orang lebih memilih belanja kebutuhan sehari-hari di waralaba minimarket ketimbang belanja di toko kelontongan.

Hal ini disadari dan dialami betul oleh teman penulis yang mempunyai toko kelontong disamping minimarket Alfamart.

Di tengah kian sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan membuat toko kelontongan menjadi pilihan usaha yang mudah untuk menghasilkan uang. Terutama bagi ibu rumah tangga.

Dengan membuka usaha toko kelontong di rumah maka ia bisa membantu perekonomian keluarga sekaligus mengasuh dan membesarkan anak tercinta.
Bisnis Warung Kelontong Grosir

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Grosir

Berikut ini beberapa hal cara membuka usaha toko kelontong dan hal yang harus dilakukan supaya usaha toko kelontong grosir Anda bisa cepat sukses dan laris manis, antara lain:
  • Letak lokasi - Lokasi yang strategis berpengaruh besar bagi keberlangsungan toko kelontong itu sendiri. Pastikan lokasi warung kelontong mudah dilihat banyak orang dan mudah dijangkau orang dari berbagai arah. Seperti di pinggir jalan yang ramai lalu lintas manusia atau berada di sekitar permukiman padat penduduk. Singkatnya, apabila Anda mempunyai ruangan depan atau garasi di depan rumah yang tak terpakai maka anda bisa menyulapnya menjadi toko kelontong.
  • Melaksanakan survey - Setelah menentukan lokasi usaha warung kelontong di depan rumah yang strategis, selanjutnya melakukan survey terhadap pesaing yang ada. Misalkan di daerah Anda sudah ada toko serupa yang sangat lengkap dan besar dengan banyak pelanggan maka Anda bisa membuka usaha kelontongan agak berjauhan.
  • Promosi - Berikutnya informasikan kepada tetangga, rekan kerja, sahabat, teman dan kenalan mengenai warung yang Anda dirikan. Ajaklah mereka berbelanja ke toko Anda. Dan berikanlah harga khusus atau diskon bagi yang membeli dalam jumlah tertentu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan.
  • Mendapatkan pusat distributor murah - Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah usaha warung kelontong Anda mempunyai pasokan barang dari distributor yang paling murah. Sehingga Anda bisa menjual barang lebih murah dari kompetitor dan bisa mendapatkan laba lebih besar ketimbang mengambil barang dari distributor yang lain.
  • Desain toko kelontong - Untuk menarik pelanggan atau pembeli dan membuat mereka nyaman berbelanja di tempat Anda pastikan toko di desain semenarik mungkin dan selalu dalam kondisi rapi, bersih dan harum wangi. Sediakan pula gudang untuk memyimpan barang stok. Selain itu, pastikan melayani pembeli dengan ramah dan murah senyum. Dan tak kalah penting barang yang Anda jual di warung kelontongan lebih lengkap dan lebih murah dari pesaing.
  • Mempersiapkan modal usaha - Adapun cara memulai usaha kelontong secara kecil-kecilan bisa dimulai dengan modal kecil. Misalnya lima jutaan.
    Modal Usaha Toko Kelontong

    Berapa Modal Usaha Toko Kelontong?

    Sebenarnya tidak ada yang pasti mengenai besaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko kelontongan. Namun ada dua modal utama yang diperlukan yakni modal investasi dan modal operasional usaha.

    Dari gambaran tersebut sangat jelas bahwa untuk membuka warung kelontong grosir maupun sembako modern membutuhkan biaya yang sangat besar. Seperti biaya untuk menyewa lokasi usaha yang strategis.

    Misalkan saja, untuk menghemat keuangan Anda bisa membuka usaha warung kelontongan sederhana di depan rumah yang strategis. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lokasi yang sangat besar. Bahkan tanpa biaya sewa.

    Walaupun demikian, Anda tetap harus mengeluarkan biaya belanja berbagai barang kebutuhan pokok atau sembako secara lengkap yang akan Anda jajakan di toko sembako.

    Bagi pemula yang sedang merintis bisnis toko kelontong dianjurkan memulai usaha dari kecil.

    Toko kelontong yang anda dirikan tidak mengapa tidak terlalu lengkap. Seiring berjalan waktu, di lain kesempatan jika anda mempunyai uang berlebih bisa melengkapinya.
    Keuntungan Usaha Toko Kelontong

    Keuntungan Usaha Toko Kelontong

    Hal yang paling utama yang ingin didapatkan seseorang dengan membuka usaha warung kelontong adalah mendapatkan laba atau keuntungan.

    Lalu berapa besar keuntungan dari membuka bisnis toko kelontongan?

    Jawabannya sangat tergantung banyak hal.

    Jika membuka toko kelontong dalam skala besar seperti grosir pastinya keuntungan yang bisa Anda dapatkan sangatlah besar. Namun modal awal yang diperlukan sangat besar pula.

    Bagi Anda pemula yang mempunyai modal yang sangat terbatas sangat direkomendasikan untuk membuka usaha toko kelontong sederhana dengan modal kecil. Karena hampir semua toko kelontong besar dimulai dari kecil.

    Seiring berjalan waktu, bertambah modal dan bertambah pelanggan serta relasi membuat usaha toko kelontong menjadi besar atau grosiran.

    Manfaat lain bagi yang membuka usaha toko kelontong mulai dari yang sederhana akan membuat Anda lebih kuat dalam menghadapi berbagai kendala dan hambatan ketika bisnis toko kelontong menjadi besar.

    Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Toko Kelontong

    Sebelum membuka usaha, sebaiknya Anda memiliki persiapan yang matang. Salah satunya penentuan lokasi. Apakah akan membuka usaha kelontong di rumah sendiri atau di tempat lain.

    Pemilihan lokasi yang strategis tentunya akan menentukan kelangsungan toko kelontong Anda di kemudian hari.

    Intinya, jangan sampai salah memilih lokasi.

    7 Kelebihan Membuka Usaha Toko Kelontong Sederhana di Rumah Sendiri

    Banyak sekali keuntungan atau kelebihan dari membuka usaha toko kelontong sederhana maupun grosir di rumah, antara lain :
    1. Bisa menghasilkan laba sekaligus mengurus keluarga di rumah - Mengingat pangsa pasar sangat besar. Dimana setiap orang membutuhkan barang sembako atau keperluan sehari-hari. Seperti sabun, telor, terigu, kerupuk, makanan ringan, gas 3 kg dan lain sebagainya. Sehingga usaha ini sangat tepat dilakukan oleh ibu rumahtangga untuk menambah pendapatan keluarga.
    2. Modal usaha ringan - Untuk membuka usaha toko kelontong tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa menjual berbagai barang sembako secara alakadarnya. Setelah modal bertambah besar maka Anda bisa melengkapinya dengan berbagai barang yang komplit.
    3. Pembeli datang sendiri - Salah satu kelebihan lainnya dari membuka toko kelontong adalah Anda tidak usah repot mencari pembeli dan pelanggan. Sebab mereka akan datang sendirinya langsung ke toko kelontong anda. Umumnya para pelanggan adalah tetangga atau orang di dekat rumah.
    4. Tidak ribet - Keuntungan lain membuka toko kelontong adalah tidak ribet. Tidak seperti membuka usaha warung makan yang harus mengolah makanan dulu. Usaha toko kelontong adalah membeli barang yang sudah jadi dari distributor kemudian menjualnya di warung kelontong Anda.Tanpa perlu mengemas ulang. Bahkan seringkali distributor maupun agen yang datang langsung ke tempat toko kelontong untuk menjual barangnya atau menitipkan secara konsinyasi.
    5. Anti rugi - Mengapa usaha toko kelontong disebut usaha yang tidak akan rugi. Karena setiap barang yang dijajakan di toko kelontongan pastinya dibutuhkan setiap orang. Dan jikalau tidak ada yang membelinya maka bisa dipergunakan sendiri. Mengingat barang sembako merupakan barang yang awet dan tahan lama. Seperti gas 3 kg, sabun mandi, detergent, sampo dan lain sebagainya.
    6. Menghemat biaya modal usaha - Dengan membuka usaha toko kelontong di rumah maka Anda tak perlu dipusingkan dengan biaya sewa lokasi usaha per bulan atau per tahun yang sangat tinggi. Sebab lahan milik sendiri. Selain itu, penghematan juga dari segi transport karena tidak perlu jauh untuk pergi ke toko. Berbeda dengan halnya jika toko Anda jauh dari rumah. Tentunya diperlukan lagi biaya transportasi tambahan.
    7. Bisa buka 24 jam - Kelebihan lain membuka usaha toko kelontong di rumah adalah Anda bisa membukanya secara non-stop. Sehingga bisa bersaing dengan toko minimarket waralaba yang buka 24 jam. Sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal dan pastinya keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar.

      Toko Kelontong Di Luar Rumah

      Saah satu kelebihan membuka usaha toko kelontong di luar rumah atau dengan cara menyewa bulanan atau tahunan yaitu kebebasan dalam memilih lokasi usaha yang bagus.

      Jika memilih untuk membuka usaha toko kelontong di luar rumah dengan cara menyewa maka Anda harus memilih lokasi usaha toko kelontong yang benar-benar tepat dan strategis.

      Anda dapat memilih lokasi toko yang masih rendah kompetitor dengan pangsa pasar yang luas.

      Dengan demikian, toko kelontong bisa langsung laris manis dan akhirnya bisa mendapatkan keuntungan yang mencukupi.

      Adapun yang menjadi kekurangan membuka toko kelontong di luar rumah adalah adanya biaya sewa yang dibebankan. Sehingga dalam jangka waktu tertentu, Anda harus mengeluarkan uang untuk bayar sewa tempat.

      Saat ini harga sewa lokasi usaha yang strategis di kota maupun desa sangat mahal. Dimulai dari jutaan rupiah per bulan.

      Jika tetap bersikeras membuka usaha toko kelontong di luar rumah maka untuk mencegah hal yang tak diinginkan lebih baik menyewa lokasi usaha dengan masa bulanan. Sehingga jika usaha sepi maka bisa pindah ke tempat lain yang lebih strategis dan menguntungkan.

      Selain itu, dengan lokasi toko kelontong yang jauh dari rumah akan menyulitkan Anda dalam soal transportasi. Apabila lokasi toko jauh dari rumah maka harus menggunakan kendaraan sendiri atau harus mengeluarkan lagi biaya transport.

      Rincian Biaya Modal Usaha Toko Kelontong Sembako

      Dari keterangan di atas sangat jelas bahwa rincian biaya modal usaha toko kelontong atau sembako terdiri-dari dua bagian yakni modal operasional dan modal investasi.

      Berikut ini gambaran secara umum rincian modal usaha ketika akan membuka toko kelontong sembako.

      1. Modal Operasional
      Jika membuka toko kelontongan di luar rumah, maka estimasi modal operasional dialokasikan untuk sewa lokasi usaha sebesar Rp 500.000 per bulan dan belanja barang dagangan sekitar Rp 4 juta.

      Lalu apa saja barang yang akan dijual di toko kelontong?

      Tentu saja semua barang kebutuhan pokok sehari-hari. Seperti beras, gula, telor, gas 3 kg, sandal, aneka makanan dan minuman ringan bahkan alat tulis kantor.

      Semakin lengkap barang yang dibeli maka semakin besar modal yang dibutuhkan untuk pembelian modal belanja barang dagangan.

      Pastikan Anda membeli barang dagangan yang kira-kira laku atau laris manis di toko kelontong. Sehingga margin keuntungan cepat didapatkan dan tidak banyak barang yang menumpuk di toko.

      Modal uang untuk pembelian barang dagangan sebesar 4 juta rupiah bisa bertambah seiring dengan bertambah modal usaha dan keuntungan.

      2. Modal Investasi
      Untuk modal investasi adalah pembelian etalase, lemari es dan rak makanan sekitar 5 jutaan. Jika dikalkulasikan dengan antara modal operasioanl dan modal investasi untuk membuka dan mengelola usaha toko kelontongan secara kecil-kecilan sebesar Rp 9,5 juta.

      Modal tersebut bisa kurang jika Anda membuka toko kelontong di rumah sehingga tidak usah membayar biaya sewa lokasi.
      Isi Warung Kelontong Sembako Paling Laris

      Isi Warung Kelontong Sembako Paling Laris

      Berikut ini sejumlah barang dagangan yang laris manis di toko kelontongan, antara lain:
      • Popok bayi - Bagi orang yang mempunyai bayi pastinya membutuhkan popok bayi. Supaya bayi tidak buang air secara sembarangan. Apalagi bagi mereka yang hendak bepergian bersama bayi tercinta.
      • Susu - Susu merupakan salah satu minuman yang perlu dikonsumsi oleh setiap orang. Baik bayi, anak kecil sampai orang dewasa. Sebab susu mengandung banyak kalsium, protein dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga susu laris manis dijual di toko kelontong.
      • Obat-obatan - Hal yang perlu dilengkapi lainnya adalah obat-obatan. Karena manusia tidak selamanya sehat. Kadangkali sakit perut, mata bahkan kepala. Sehingga sangat tepat jika di toko kelontong bisa menyediakan berbagai obat-obatan.
      • Makanan dan minuman ringan – Keduanya paling banyak dicari pembeli. Terutama minuman segar dan dingin. Kadang pembeli mampir hanya untuk membeli minuman dingin.
      • Sabun dan detergent – Mandi serta mencuci pakaian dan peralatan dapur adalah kegiatan yang setiap hari dilakukan dalam sebuah keluarga. Sehingga permintaan terhadap sabun detergent terutama yang rentengan biasanya tinggi. Pembeli biasanya banyak mencari di toko kelontong.
      • Air minum - Biasanya terdiri dari air minum mineral dalam kemasan dan galon.
      Barang dagangan lainnya yang laris di warung sembako adalah beras, minyak goreng, gula, garam, kopi, teh, pulsa dan token listrik.
        Usaha Toko Kelontong Modern

        Usaha Toko Kelontong Modern

        Saat ini bisnis toko kelontong yang marak tersebar di sejumlah daerah di tanah air kebanyakan masih bersifat tradisional dan tidak dijalankan secara modern. Sehingga cenderung kalah oleh pelayanan ritel minimarket yang berada di dekatnya.

        Ada banyak bukti bahwa usaha toko kelontong tiba-tiba sepi pembeli lalu bangkrut disebabkan hadirnya usaha minimarket waralaba di sekitarnya.

        Jika Anda mempunyai modal keuangan yang mencukupi, sangat dianjurkan untuk mendesain toko kelontongan secara modern. Jangan sampai kalah bersaing dari toko sebelah.

        Dalam hal keuangan, penataan barang yang menarik, bangunan yang luas dan menarik, ruangan yang bersih dan wangi, pelayanan ramah, penggunaan komputer dan lain sebagainya. Sebab usaha toko kelontong modern semacam inilah yang akan laris manis dan berjaya di masyarakat saat ini.