Advertise here

Saturday, July 07, 2018

Dalam memilih sebuah usaha pastinya Anda tidak boleh sembarangan. Harus diperhatikan beberapa aspek. Seperti seberapa besar keuntungan, berapa modal awal yang dibutuhkan, berapa jangka waktu balik modal, kekuatan barang dan lain sebagainya.

Hal itu perlu dilakukan supaya Anda tidak memasuki bisnis yang merugikan Anda sendiri dalam segi waktu maupun keuangan.

Salah satu usaha yang sangat direkomendasikan adalah usaha grosir toko plastik. Sebab ada beberapa keuntungan dari membuka usaha grosir toko plastik.
Usaha Toko Plastik

Modal Usaha Grosir Toko Plastik

Yang menjadi pertanyaan bagi Anda jika tertarik membuka usaha toko grosir plastik adalah berapa biaya modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha plastik ini?

Untuk menjawabnya, Saya jelaskan rincian biaya modal usaha grosir toko plastik dari awal hingga siap buka, antara lain:
  • Biaya belanja berbagai jenis dan ukuran plastik dengan berbagai merk yang sangat lengkap. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 11 juta.
  • Biaya sewa lokasi usaha sekitar Rp 6 juta per tahun.
  • Gaji karyawan Rp 1 juta perbulan.
  • Biaya bulanan air dan listrik sebesar Rp 600 ribu.
Maka total biaya modal usaha grosir toko plastik sebesar Rp 18,6 juta. Namun jika Anda mempunyai lokasi usaha sendiri dan membuka toko plastik secara sederhana pastinya modal usaha yang dibutuhkan akan lebih kecil dari itu.
Keuntungan Usaha Toko Grosir Plastik

5 Keuntungan Usaha Toko Grosir Plastik

Berikut ini beberapa keuntungan atau kelebihan dari seseorang membuka bisnis toko grosir plastik, antara lain:

1. Barang awet
Anda tidak akan mengalami kerugian dalam membuka usaha grosir toko plastik. Mengingat barang yang dijual bukanlah barang yang cepat basi tapi barang awet yang tahan lama dan tak akan pernah basi atau rusak.

Hal ini membuat bisnis toko plastik termasuk usaha yang minim resiko rugi. Jika plastik yang Anda jual tidak laku tahun ini, Anda tetap bisa menjualnya di tahun berikutnya dengan harga jual (yang mugkin) lebih tinggi.

2. Pasar yang sangat luas
Banyak pihak yang terkait membutuhkan plastik. Seperti kalangan rumah tangga, pedagang kecil-kecilan di pasar, pedagang kaki lima, penjual sayuran, perusahaan makanan dan minuman, orang yang hendak mengadakan hajatan atau pesta.

Semua itu tentu membutuhkan plastik untuk mengemas makanan. Hal inilah yang membuat bisnis grosir plastik mempunyai pangsa pasar yang sangat luas dengan potensi pendapatan yang lumayan besar.

Hal ini dibuktikan sendiri di lapangan. Gerai usaha toko plastik grosiran selalu ramai oleh pembeli.

3. Mudah dalam pendirian dan pengelolaan
Kelebihan lainnya usaha grosir toko plastik sangat mudah dalam pendirian dan mengelolanya. Tidak seperti usaha kuliner restoran atau rumah makan yang harus mengolah bahan makanan dulu sebelum dijual ke pasaran.

Anda cukup membeli berbagai jenis plastik dalam jumlah banyak di supplier atau distributor pusat. Kemudian menjajakannya di gerai toko plastik Anda.

4. Persaingan lemah
Keuntungan lainnya bagi Anda yang membuka usaha toko grosir plastik adalah tingkat persaingan yang masih sangat rendah.

Di beberapa daerah bahkan tidak ada usaha toko grosir plastik. Hal inilah yang membuat bisnis membuka usaha grosir toko plastik sangat menjanjikan.

Contohnya di daerah Saya hanya ada satu toko grosir plastik. Dan tentunya laris manis tanpa adanya pesaing sama sekali.

5. Modal kecil
Untuk modal awal membuka usaha toko grosir plastik bisa disesuaikan dengan keuangan yang Anda miliki. Anda bisa memulai usaha toko grosir plastik secara kecil-kecilan dengan modal kecil terlebih dahulu.

… misalnya 5 juta rupiah.

Yang penting Anda memiliki pelanggan dulu. Kemudian seiring dengan bertambahnya modal maka Anda bisa melengkapi dengan berbagai jenis plastik yang ada dan laris manis dengan berbagai ukuran dan bentuk.
Cara Membuka Bisnis Grosir Plastik

Cara Membuka Usaha Toko Grosir Plastik

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis toko plastik, Saya akan membeberkan rahasia sukses cara membuka usaha toko plastik grosiran bagi pemula, antara lain:

1. Pemilihan lokasi strategis
Sama seperti jenis usaha lain, usaha toko grosir plastik memerlukan lokasi usaha yang strategis supaya untuk mendapatkan banyak konsumen.

Misalkan berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, dekat perumahan yang padat penduduk, di dekat pasar tradisional dan tempat strategis lainnya.

2. Barang dagangan yang lengkap
Setelah mempunyai lokasi usaha toko grosir plastik yang sangat strategis, berikutnya menyediakan berbagai jenis plastik yang hendak dijual secara komplit. 

Untuk melayani konsumen dengan baik, selain menjual plastik secara grosir maka Anda bisa pula menjual plastik secara eceran. Untuk meningkatkan omset dan keuntungan, usaha toko plastik sobat bisa dilengkapi dengan berbagai barang yang masih berkaitan dengan plastik. 

Seperti kotak makanan dari bahan styrofoam, kantong keresek, bahan-bahan kue, lakban, kardus kue, pembungkus makanan mika, sumpit bambu, tusukan bambu, sedotan, stik es krim, tusuk gigi, isi steples, kertas tisu, tali rafia, tali tambang dan gelas plastik.

3. Mendapatkan pemasok tetap
Tak kalah penting yang harus diperhatikan ketika membuka usaha grosir toko plastik adalah sobat mempunyai pemasok tetap berbagai jenis plastik yang sangat lengkap dengan harga yang lebih murah. Sehingga Anda bisa menjual plastik lebih murah ketimbang pesaing terdekat.

Anda bisa mencari agen, supplier ataupun distributor plastik yang murah di internet atau mencari informasinya langsung dari penjual plastik di daerah Anda.