Advertise here

Thursday, July 12, 2018

Macam-macam usaha rumahan ada banyak sekali jenisnya. Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti membuat anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan uang. Karena ada banyak sekali jenis usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh seorang rumah tangga. Berikut adalah macam-macam peluang yang bisa anda jadikan sebagai usaha rumahan.
Macam-macam Usaha Rumahan

Macam-macam Usaha Sampingan yang Bisa Dikerjakan Ibu Rumah Tangga

1. Bisnis Fashion

Berbicara mengenai dunia fashion, bagi anda yang punya keahlian dalam merancang, menjahit, atau membuat pakaian bisa mencoba bisnis fashion. Bisnis ini sangatlah menjanjikan karena anda tidak hanya bisa memasarkan produk di orang-orang sekitar, tetapi juga menjualnya secara online. Bisa dilakukan dengan membuka toko di marketplace online, promosi di sosial media, dan lain sebagainya.

Memproduksi pakaian tentu membuat anda memiliki banyak produk untuk dijual. Hal ini tentu membuat banyak reseller tertarik untuk membantu memasarkannya, apalagi jika produk anda memiliki harga yang kompetitif.

Baca juga: Macam-macam Usaha Sampingan yang Menjanjikan

2. Bisnis Kosmetik

Bisnis kosmetik saat ini seolah menjadi sebuah tren yang menjamur di kalangan masyarakat perkotaan. Bisnis ini cocok dijalankan oleh orang yang punya banyak waktu luang seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa.

Yang paling mudah dilakukan adalah berjualan kosmetik dengan sistem MLM. Namun gunakanlah strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menarik konsumen. Jika dulu orang melakukan pemasaran dengan strategi door to door (pintu ke pintu), kini saatnya anda menawarkan produk dengan sistem online. Jadi, promosikanlah produk kosmetik di sosial media atau website yang anda buat.

3. Bisnis Kuliner

Kuliner adalah bisnis rumahan yang tidak akan pernah mati. Baik usaha makanan ataupun minuman, semuanya memiliki peluang yang cukup besar.

Gunakanlah keahlian memasak yang anda punya lalu lakukan strategi pemasaran dengan cara yang efektif. Misalnya anda punya usaha pembuatan kue, maka cobalah untuk menawarkannya kepada ibu-ibu yang sering mengadakan acara seperti arisan atau pengajian.

Jangan lupa bawa sampel makanan ketika anda mempromosikannya agar calon konsumen bisa mencicipi dan menilai kualitas kue yang anda buat. Berikan juga harga yang bersaing, jangan patok harga terlalu mahal ketika awal-awal merintis bisnis ini.

4. Jasa Pesta Ulang Tahun

Membuka jasa pesta ulang tahun juga merupakan salah satu bisnis yang bisa jadi usaha sampingan di rumah. Bisnis ini cukup menjanjikan, karena banyak orang tua yang ingin merayakan ulang tahun anaknya tetapi tidak mau repot dalam hal urusan persiapan seperti memasak dan dekorasi.

Nah, peluang inilah yang bisa anda ambil dengan menyediakan jasa pesta ulang tahun. Anda bisa menyediakan jasa untuk pembuatan makanan, kue, dekorasi, dan lain-lain.

5. Jual Beli Saham

Bisnis terakhir yang bisa dicoba sebagai usaha sampingan di rumah yaitu jual beli saham. Menjalankan bisnis ini sangatlah praktis karena anda tidak perlu ke kantor setiap harinya. Memantau pasar saham bisa dilakukan dengan mudah melalui PC atau smartphone. Kemudian penghasilan akan dibayar melalui sistem transfer rekening.

Bisnis saham juga cukup bersahabat untuk ibu rumah tangga karena tidak menyita banyak waktu. Anda bisa melakukannya ketika suami sudah berangkat kerja dan anak sudah pergi sekolah di sela-sela mengurusi urusan rumah sambil menunggu mereka pulang.

Itulah macam-macam usaha rumahan yang potensial dan bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga di waktu senggang untuk mendapatkan tambahan pendapatan bagi keluarga, semoga bermanfaat.